Ilustrasi. (Dok/Ist)

Greysia/Apriyani ke Final

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Setelah bertarung selama 81 menit, pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu akhirnya berhasil menumbangkan unggulan pertama, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen, Sabtu (3/2). Kemenangan dengan skor 21-14, 19-21, 21-18 ini sekaligus membawa Greysia/Apriyani ke babak final India Open 2018. Pertandingan panjang ini berlangsung begitu menegangkan, terutama di game ketiga. Greysia/Apriyani yang tertinggal di awal permainan hingga 2-6, kembali menebar ancaman saat mereka mampu menyamakan kedudukan 8-8 bahkan balik memimpin 10-8.

Akan tetapi, pertarungan belum selesai, Juhl/Pedersen yang merupakan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 terus berusaha menakan dengan serangan-serangan cepat dan tajam yang memang menjadi andalan mereka. Keduanya tak mau masuk ke dalam irama permainan Greysia/Apriyani seperti di game pertama. Berbekal keyakinan dan semangat pantang menyerah, Greysia/Apriyani akhirnya meredam tekanan tersebut dan menutup game ketiga dengan kemenangan.

“Lawan kami adalah salah satu pasangan terbaik dunia saat ini, tidak mudah menghadapi mereka. Kami harus selalu bisa menjaga fokus. Di permainan ini, mental dan strategi betul-betul diadu,” ujar Greysia seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI. “Pertandingan ini adalah pengalaman berharga buat saya. Tadi saya tidak bisa mengandalkan kekuatan, ketahanan, tapi semua dari pikiran. Ini yang berkali-kali dingatkan kak Greys dan koh Didi (Eng Hian) kepada saya. Saya kalau dibandingin dengan lawan sih jauh banget ya pengalamannya, tapi bagaimana caranya tadi saya mengatur mindset saya di lapangan,” ungkap Apriyani.

Di babak final, Greysia/Apriyani akan bertemu dengan unggulan kedua dari Thailand, Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai. Laga final besok akan menjadi pertemuan ketiga bagi kedua pasangan. Pertemuan pertama terjadi di babak pertama SEA Games 2017 perorangan, dimana Greysia/Apriyani kalah dengan skor 18-21, 20-22. Kemudian di Korea Open 2017, Greysia/Apriyani membalas dengan kemenangan straight game, 21-15, 24-22. “Kami tidak pilih-pilih lawan, mau lawan siapa saja, yang penting dari diri kami siap. Nanti kami akan menonton video pertandingan untuk mempelajari permainan mereka,” tutur Greysia.