Gary Woodland berpose dengan trofi juara Waste Management Phoenix Open di TPC Scottsdale, Arizona, AS, Minggu (4/2/2018). (AFP)

Woodland Rebut Trofi Phoenix Open

JAKARTA (IndependensI.com) – Gary Woodland membukukan birdie di tiga dari empat lubang terakhir sebelum mengalahkan Chez Reavie dengan satu par di lubang pertama play-off. Woodland pun keluar sebagai juara Phoenix Open di TPC Scottsdale, Minggu (4/2/2018).

Di hari terakhir, Woodland bikin sembilan birdie untuk menyelesaikan pertandingan dengan 7-under par 64. Dia memimpin dengan total 18-under par 266. Tapi Reavie menyamakan skor dengan dua birdie berturut-turut.

Penentuan pemenang pun dilakukan lewat sudden death di lubang ke-18. Duel berlangsung menegangkan setelah pukulan pertama Woodland menempatkan bola di bunker, sementara bola pukulan Reavie mendarat di fairway.

Namun keberuntungan tidak memihak Reavie. Pukulan keduanya gagal mengirim bola ke green. Sebaliknya, Woodland berhasil mengeluarkan bola dari bunker dan mendarat sekitar dua kaki dari lubang.

Reavie gagal mencapai par. Woodland tinggal mendorong bolanya ke lubang untuk meraih gelar juara US PGA Tour pertamanya sejak 2013 atau yang ketiga sepanjang kariernya.

“Lima tahun yang amat panjang, tapi saya tahu keberhasilan ini pasti datang,” kata Woodland seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (5/2/2018).

“Saya membuat beberapa putt di awal yang memberi saya kepercayaan diri dan saya bisa memukul bola dengan baik,” ujarnya.

Pegolf berusia 33 tahun itu mengawali pertandingan hari ketiga dengan tertinggal tiga pukulan dari pemuncak klasemen sementara, Rickie Fowler. Woodland memperbaiki posisinya dengan lima birdie di sembilan lubang pertama.

Woodland bogey di lubang ke-13 tapi bikin birdie di lubang ke-12 dan 14. Dia kembali birdie di lubang ke-15, 16, dan 17 untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Gary Woodland menggendong putranya, Jaxson, usai menjuarai Waste Management Phoenix Open di TPC Scottsdale, Arizona, AS, Minggu (4/2/2018).

Setelah memasukkan bola di lubang terakhir, Woodland menghampiri putanya yang masih bayi, Jaxson, dan istrinya, Gabby. Woodland sebenarnya punya anak kembar tapi yang satu meninggal yang membuat keluarga itu mengalami masa yang berat pada 2017.

“Saya amat gembira. Pertama karena bisa menggendong dia dan juga bisa berada di tempat ini. Dia adalah keajaiban dan saya senang bisa berada di sini sekarang,” kata Woodland.

Brendan Steele dan Ollie Schniederjans sama-sama menempati peringkat tiga setelah masing-masing membukukan 269 pukulan. Juara lima kali turnamen major, Phil Mickelson, mencatatkan 69 pukulan di hari terakhir dan membukukan total 270 pukulan.

Fowler, pegolf peringkat tujuh dunia, anjlok di hari terakhir dengan 73 pukulan. Fowler pun harus puas menempati peringkat 11 bersama pegolf nomor dua dunia asal Spanyol, Jon Rahm.