foto istimewa

Presiden Jokowi Targetkan Revitalisai 1000 Rumah Gadang 2018

Loading

PADANG (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan di Provinsi Sumatera Barat. “Nanti revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya juga diseluruh pelosok Tanah Air,” kata Presiden dalam sambutannya saat Peringatan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang pada Jumat,(09/02/2018).

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah diharapkan dapat menyelesaikan pembangunan pada 2018. Presiden menjelaskan dirinya menilai keadaan alam di Desa Paringan, Kabupaten Tanah Datar sangat indah dan berpotensi untuk industri pariwisata.

“Sekalian saya tugaskan selain yang ada di Solok Selatan, di desa yang tadi pagi untuk bisa diselesaikan tahun ini. Landscape, restorasi rumah-rumah yang ada, sehingga akan menambah cantik rumah ada yang ada di Solok Selatan maupun Paringan tadi,” ujar Jokowi.

Kepala Negara juga menceritakan tentang kekagumannya akan rumah gadang saat dia pertama kali melihat bangunan itu di Solok Selatan pada 1983. “Jadi saya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan, kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali,” pungkas Jokowi.

Sebelum melakukan ibadah sholat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Padang untuk bersilaturahim dengan para akademisi.(ant/wasito)