Jelang AG 18, Kementerian PUPR Terus Lengkapi Fasilitas Wisma Atlet Kemayoran

JAKARTA (IndependensI.com)—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus melengkapi dan memperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan para atlet dan official pendukung yang tinggal di Wisma Atlet Kemayoran pada Asian Games ke-18 (AG 18) yang pembukaannya dilakukan pada 18 Agustus 2018.

Salah satunya adalah menyediakan area parkir mobil dan bus yang berada di Blok C3 dan B8. Luas area parkir di Blok C3 29.760 m2, mampu menampung 190 bus, 186 mobil dan 33 minibus. Di blok B8 luasannya lebih kecil yakni 5.838 m2, dengan kapasitas tampung 112 mobil dan 29 bus.

Pembangunan area parkir merupakan bagian dari pekerjaan penataan kawasan Wisma Atlet Kemayoran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Sementara itu untuk kerusakan kecil berupa lendutan pada jalur pemberhentian bus di Blok D10 telah dilakukan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan masih bersifat perbaikan untuk menghindari terganggunya mobilitas para atlet yang masih mengikuti pertandingan uji coba (test event). Perbaikan permanen akan dilakukan setelah test event selesai. Namun demikian Ditjen Cipta Karya telah menyiagakan pekerja agar jalur tetap terjaga fungsinya dengan baik.

“Inilah gunanya test event, kita bisa mengetahui hal-hal yang masih perlu penyempurnaan. Saya kira perbaikan kecil saja dibandingkan dengan keseluruhan persiapan sarana dan prasarana yang sudah dilakukan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Pada test event yang dilakukan sejak bulan Januari 2018, Wisma Atlet digunakan sebagai hunian para atlet. Perbaikan lainnya juga sudah selesai dilakukan yakni penanganan kebocoran di lantai 5 dan pemasangan gorden pada kamar atlet. Disamping itu sebagai antisipasi adanya kebutuhan perbaikan, telah disiagakan sebanyak 56 tenaga kerja.

Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran telah rampung pada Desember 2017 dan saat ini dalam masa pemerliharaan oleh kontraktor. Jumlah tower yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, sebanyak 10 tower yang terbagi 7 tower di Blok D10 dengan jumlah unit 5.494 unit yang akan menampung 16.482 orang dan 3 tower di Blok C2 dengan jumlah unit 1.932 unit yang menampung 5.796 orang.

Mengenai peruntukannya, Blok D10 akan digunakan untuk para atlet, sementara Blok C10 diperuntukan bagi staf penunjang seperti para jurnalis, perawat, official pendukung lainnya. Unit rusun tipe 36 dilengkapi ruang tamu dan dapur untuk ditempati oleh 2 orang atlet. Selain itu untuk kenyamanan penghuni, telah dilengkapi meubelair berupa tempat tidur, meja, kursi, gorden, pendingin udara, serta pemanas air.

Untuk ukuran tempat tidur standar adalah 1,9 meter, namun juga tersedia tempat tidur berukuran 2,2 meter. Berbagai fasilitas pendukung tersebut telah memeuhi standar yang ditetapkan oleh International Olympic Committee,(Birkompu Kementerian PPUPR)