Featured Video Play Icon

Smashing Pumpkins Manggung Lagi

JAKARTA (IndependensI.com) – Smashing Pumpkins, Kamis (15/2/2018), mengumumkan rencana tur nostalgianya. Grup rock alternatif yang ngetop di era 1990an itu akan manggung untuk pertama kalinya sejak 2000.

Penyanyi grup itu, Billy Corgan, bakal tampil bersama gitaris Jams Iha dan drummer Jimmy Chamberlin. Hanya pemain bass D’arcy Wretzky yang tidak akan ambil bagian.

Wretzky, yang pernah ditangkap karena penyalahgunaan narkotika, mengejek Corgan sedang butuh uang. Hubungan Wretzky dan Corgan memang sudah lama memburuk, terutama setelah Wretzky sulit melepaskan diri dari ketergantungan dari obat-obatan terlarang.

Smashing Pumpkins mengatakan hanya akan membawakan lagu-lagu dari lima album pertamanya saat konser, termasuk “Siamese Dream” (1993) dan “Mellon Collie and the Infinite Sadness” (1995).

Meski sudah lama tidak manggung, Corgan dan kawan-kawan siap melakukan konser di 36 kota di Amerika Utara. Konser nostalgia bertajuk “The Smashing Pumpkins Shiny and Oh So Bright Tour 2018” itu akan dimulai di Glendale, Arizona pada 12 Juli 2018. Mereka kemudian akan berkeliling Amerika termasuk tampil di Madison Square Garden, New York.

Dalam video promosinya, Smashing Pumpkins menampilkan kembali dua orang gadis, yang kini sudah dewasa, yang dulu tampil sebagai kembar siam di sampul album “Siamese Dream”.

Wretzky, yang jarang muncul di hadapan publik sejak keluar dari band itu pada 1999, tiba-tiba mau diwawancarai sebelum tur diumumkan. Dalam wawancara itu dia mengatakan bahwa Corgan punya utang dalam jumlah besar untuk proyek sampingannya yaitu membuat liga gulat profesional.

(dari kiri) D’arcy Wretzky, Billy Corgan, Jimmy Chamberlin, dan James Iha.

“Billy selalu bilang, ‘Oh, saya tidak akan pernah mau hanya reuni dan bermain musik lama untuk mencari uang’. Padahal itulah yang dia lakukan sekarang,” kata Wretzky kepada Alternative Nation.

Wretzky juga mengejek Corgan dengan mengatakan bahwa sahabatnya itu “suka mengejek orang dan mempermalukan orang di hadapan orang lain” dan menyoroti pernyataan simpatinya yang kontroversial untuk Presiden Donald Trump.

Sang pemain bass, yang membantah punya masalah dengan obat-obatan dan mengaku menderita cedera bahu, juga memperlihatkan pesan teks antara dia dan Corgan.

Pengirim pesan, yang disebutnya sebagai Corgan, mengatakan bahwa Wretzky tidak akan menghadapi tekanan di panggung dan bahwa Jack Bates – putra personil Joy Division, Peter Hook – yang akan lebih banyak memainkan bass saat konser.

Jeff Schroeder, yang menggantikan Iha ketika Corgan masih menggelar konser sebagai Smashing Pumpkins, juga akan diajak keliling AS. Dengan demikian, grup itu akan tampil dengan tiga gitaris.