FKOI Bubarkan Kebaktian Jemaat Gereja HKBP Pasaman Barat

PASAMAN BARAT (IndependensI.com) – Ormas yang menamakan Forum Komunikasi Organiasasi Islam (FKOI) membubarkan kebaktian yang dilakukan jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pospel Plasma Pasaman. Sebelumnya selama lebih dari 10 tahun, Jemaat HKBP Pospel Plasma telah menggunakan rumah tempat tinggal sebagai tempat ibadah karena gereja HKBP di Kinali, Pasaman Barat jaraknya jauh.

Jemaat HKBP Pospel Plasma berada di Batang Lambau Kenagarian Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) yakni di areal perkebunan kelapa sawit milik PTP Nusantara VI.

“Sudah 10 tahun kami beribadah di sini. Tapi sekarang ada puluhan massa dan warga yang ingin menutupnya,” kata seorang jemaat HKBP Pospel Plasma Pasaman Barat, Nainggolan Lumban Raja, Minggu (25/02/208).

Ia menyatakan puluhan orang yang membubarkan kebaktian yang diselenggarakan jemaat HKBP Pospel Plasma Pasaman Barat karena mengatakan rumah tersebut tidak memiliki izin sebagai tempat ibadah. Pelarangan dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di luar area tersebut. “Mereka memaksa rumah tidak boleh dijadikan tempat ibadah oleh jemaat HKBP,” ujarnya.

Foto Nainggolan Lumban Raja

Nainggolan menjelaskan satpol PP Kabupaten Pasaman Barat kemudian mengevakuasi semua anggota jemaat dari rumah yang digunakan untuk beribadah jemaat HKBP Pospel Plasma Pasaman Barat. “Anak-anak dan mamak-mamak sampai menangis dan histeris saat dievakuasi oleh satpol PP karena sejumlah orang akan melakukan penyerangan jika ibadah terus dilakukan,” ujarnya.

Seorang jemaat HKBP yang enggan disebut namanya menyatakan Ormas yang menyatakan Forum Komunikasi Organisasi Islam (FKOI) sejak lama berkeberatan jemaat HKBP beribadah di dalam rumah. Pada Rabu, tanggal 21 Februari 2018 ormas Islam melakukan aksi demo di kantor Kabupaten Pasaman Barat yang menuntut Bupati Pasaman Barat H Syahiran bersikap tegas menindak gereja HKBP yang dianggap ilegal karena beribadah di dalam rumah penduduk.

Pada Rabu (21/02/2018) Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumbar, FKUB Kabupaten Pasbar, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Wakapolres atas desakan FKOI memutuskan menghentikan pendirian rumah ibadah (gereja) tanpa izin di Nagari Persiapan Giri Maju, Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. FKOI menyatakan pembangunan gereja telah meresahkan umat Islam sekaligus menganggu kerukunan umat beragama di daerah tersebut.

Foto Istimewa

Kabupaten Pasaman Barat adalah wilayah yang sering terjadi tindakan intoleransi dan radikalisme. Pada Mei 2014 dua gereja yakni Gereja Katolik Stasi Santa Maria dan HKBP Kinali di Kecamatan Kinali dibakar oleh sejumlah orang tak dikenal.

Pada 2013 Forum Komunikasi Organiasasi Islam (FKOI) juga memaksa penghentian pembangunan dua Gereja yang sedang dalam proses pembangunan yakni Gereja Katolik Stasi Mahakarya dan GPSI (Gereja Pentakosta Sion Indonesia). Ormas Islam juga mengancam akan menghancurkan bangunan gereja yang sedang dalam proses pembangunan jika nekad renovasi dilanjutkan.

22 comments

  1. Wahh kurang piknik nih…
    Hanya bergaul ditempat.
    Kalo gak bisa melancong ke dunia nyata, coba gunakan browsing…
    Liat daerah2 lain. Negara lain seperti mesir, arab saudi, yg nyata2 kerajaan islam tdk ada yg seperti itu.
    Dan ingat, ini negara hukum.

    Damai itu indah… islam itu damai. Jgn jadikan front islam hanya untuk kepentingan pribadi yg ingin memecah belah persatuan.

    Cuma merusak nama islam sja.
    Miris dan jgn lupa mikir..

  2. iman orang kristen itu kuat ga tergoyahkan, mereka kehabisan akal dgn menggunakan cara2 kekerasan…

  3. Maaf Karena bawa2 agama Islamlah ormas ini sehingga banyak mempertanyakan agama islam sesungguhnya khususnya Di Indonesia ini. Mayoritas Islam Di Arab sgt menghargai minoritas disana,knp Dan Ada apa dgn ormas Muslim Di Indonesia? Sudah merasa jadi Tuhan kah???

  4. Kasihan sekali melihat ajaran seperti itu…kekerasan kerekerasan kebencian..pembantaian…terus kalo udh puas begitu menghancurkan musuhmu,.kau masuk surga gitu…helooo.surgamu apaan tuh

  5. Mereka bilang terganggu,
    Nah kalau islam ibadah sampai anak yg sedang didur bisa bangun
    Apa itu ga terganggu jga,
    Semoga aja Bapa kita yg disorga mengampuni mereka.

  6. Orang Padang dan Minang kan perantau….kalau diperantauan diperlakukan begitu bagaimana rasanya.

  7. Manusia-manusia munafik..
    Mengatasnamakan agama untuk melakukan niat kotornya

  8. Macam dh agama y z plg btul… Tk bribadah z pun di larang. Dasar lo binatang

  9. Datang juga ke Manado, kalian lihat bagaimana kerukunan umat beragama di daerah kami…

  10. Terlalu egois ya begitu,,,
    Apa salah nya orang melakukan ibadah toh bukan mau cari perkara atau masalah,,smoga dapat karma mereka

  11. agamamu agamaku agamaku agamamu, tdk ada satupun kitab suci agama apapun yg mengajarkan untuk mengganggu ibadah agama lain, apapun alasannya, orang islam mbok ya jangan reseh, masalah surga dan neraka itu urusan masing2

    1. Kalau ditanya, pemimpinnya pasti bilang “itu oknum yg melakukan” agama kami tdk mengajarkan hal2 seperti itu…. bukankah penganut agama merukan kumpulan dr “oknum2”? Takutlah akan Tuhan mu msg2…. jgn sampai Tuhan marah dan memberi azab sengsara…

  12. Mrka mlkukan acara yg baik n santun,numpang kebaktisn sbntar sembari mnunggu selesai gdung greja.mreka tdk mlkukan kegisatan yg adusila n perjudian,kenapa hrs dilarang?ktrlaluan

  13. Lha kok lucu ya…. Ketika rumah tinggal dibuat utk ibadah kpd Allah, mereka protes dan minta bubar, lalu ketika rumah ibadah bertahun tahun sdh ada lalu direnovasi (diperbaiki) juga protes plus ngancen mau dihancurkan…..

    Oalaaahh maunya apa to….

  14. Negara harus campur tangan dalam kasus ini…
    Ibadah hanya sekali seminggu paling lama 2 jam diributi/ditolak.
    Disekitar rumah kita 5 kali sehari Toa memekakan telinga tdk kita ributi…
    Hai orang Pasaman silahkan datang ke Tapanuli Mesjid ada dimana2 tdk pernah dipersoalkan…
    Kampungan waang…

    1. kami umat Kristen punya Tuhan yg hebat bahkan di kitab muslim juga ada bahwa yg akan menghakimi dunia pada akhir zaman adalah Nabi Isa.. kita lihat dihari penghakiman. kalau kami hanya di ajarkan unt mendoakan org yg menzolimi bahkan harus terus mengasihi. pembalasan hanya milih Tuhan..

Comments are closed.