Petugas membersihkan sungai dari tumpukan sampah yang dibuang ke sungai oleh masyarakat

Dinas PUPR dan KLH Depok Lakukan Pembersihan Aliran Air

DEPOK (Independensi.com) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup (KLH) Kota Depok, saat ini melakukan pembersihan aliran air di anak kali, kali dan sungai. Puluhan kubik sampah warga yang hanyut di aliran kali dan sungai, diangkut oleh petugas kebersihan dan satuan petugas (satgas) banjir.

“Sekitar 23 meter kubik sampah warga yang dibuang di aliran Sungai Cisadane, Jalan Raya Citayam telah diangkut oleh petugas Dinas KLH,” ujar Kepala Bidang Kebersihan Dinas KLH Kota Depok, Kusumo kepada Independensi.com, Selasa (27/2-2018).

Banyaknya tumpukan sampah di aliran kali dan sungai, akibat terjadinya banjir yang melanda Kota Depok beberapa waktu lalu. Saat debit air sangat besar di aliran kali dan sungai, banyak warga kota ini membuang sampah sembarangan, katanya.

Selain itu, puluhan satgas banjir dari Dinas PUPR juga membersihkan tumpukan sampah sepanjang kali dan sungai di Kota Depok. Di sepanjang Sungai Cisadane, petugas telah mengangkut sampah sebanyak 20 meter kubik. “Karena keterbatasan jumlah petugas, belum semua sampah terangkut dari aliran kali dan sungai,” jelas Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah.

Dikatakan, untuk memperkecil kemungkinan  terjadinya banjir lokal akibat luapan sejumlah saluran air di anak kali, kali dan sungai – juga dilakukan normalisasi. Warga berharap kegiatan ini tidak hanya simultan saja tapi harus dilakukan secara berkala.

“Ini salah satu upaya memperkecil serta mengantisipasi banjir lokal maupun kiriman saat hujan di beberapa titik rawan banjir akibat pendangkalan lumpur dan penyempitan, ” tambah Citra.

Menurut Citra, untuk kegiatan pengerukan lumpur atau lainnya yang membuat dangkal badan kali maupun sungai tentunya harus menggunakan alat berat atau ekskapator seperti di Kali Enggram, Sawangan Baru dan Kali Jantung Perum Tirta Mandala, Sukamaju, Cilodong dan Kali Pesangrahan. Kegiatan tersebut dibantu tim anggota Satgas Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Kota Depok untuk melakukan normalisasi drainase di jalan-jalan utama di Kota Depok.

Selain itu, tambah dia, pihaknya selama satu bula lebih juga melakukan pengerukan lumpur di Situ Pengasinan menggunakan alat berat karena kondisi sudah dangkal. Dalam kegiatan normalisasi kali, sungai dan situ pihaknya melibatkan satgas banjir yang hampir setiap hari melakukan pembersihan sampah dan lainnya di saluran air, kali, sungai dan situ di Depok. “Satgas banjir siap siaga dan bila longsor pun kami lakukan penanganan pertama,” tambahnya. (Robino Hutapea)