Sam Rockwell. (CNN Indonesia)

Piala Oscar 2018 Pertama Jatuh pada Sam Rockwell

JAKARTA (Independensi.com) – Sam Rockwell memenangkan piala Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik berkat perannya dalam Three Billboards Outside Ebbing, Missouri. Piala yang diterima Rockwell sekaligus jadi penghargaan pembuka ajang Academy Awards ke-90 atau Oscar 2018.

Penghargaan tersebut diterima Rockwell di Dolby Theatre, Minggu (4/3/2018) malam waktu Los Angeles.

Piala itu juga jadi piala Oscar pertama bagi Rockwell setelah bermain dalam sejumlah film independen seperti Moon, Seven Psychopaths, dan The Way Way Back.

Dalam kategori tersebut, Rockwell harus bersaing dengan Willem Dafoe (The Florida Project), Woody Harrelson (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Richard Jenkins (The Shape of Water), dan Christopher Plummer (All The Money In The World).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Willem Dafoe, Richard Jenkins, Woody Harrelson dan Christopher Plummer. Kalian keren! Kalian telah menjadi inspirasi saya,” ujar Rockwell dalam pidato kemenangan.

“Semua bintang dan kru Three Billboards. Ini tak akan terjadi tanpa kalian semua,” imbuhnya.

Ditulis dan disutradarai oleh Martin McDonagh, film bergenre komedi gelap tersebut terjadi di kota Ebbing, Missouri ini menampilkan aksi Rockwell sebagai polisi rasis terhadap ibu yang berduka (Frances McDormand).

Peran Rockwell dianggap berhasil menjadi tokoh antagonis dan menuai pujian dari para penonton serta kritikus.

Kemenangan tersebut melengkapi perjalanan Rockwell setelah sebelumnya turut meraih penghargaan yang sama di ajang Golden Globes, Baftas dan Screen Actors Guild.

Usai Rockwell memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik, Academy Awards ke-90 memberikan piala Oscar kepada Darkest Hour untuk kategori Tata Rias dan Rambut Terbaik.

Gal Gadot dan Armie Hammer menyebut judul Darkest Hour sebagai film dengan tata rias dan rambut terbaik tahun ini.

“Terima kasih kepada Gary Oldman. Kami tidak bisa berdiri di sini kalau tidak ada Anda,” ujar perwakilan penata rias Darkest Hour.

Darkest Hour mengalahkan Victoria & Abdul dan Wonder. (CNN/eff)