Allison Janney menyabet gelar Aktris Pendukung Terbaik Oscar 2018 berkat perannya di film 'I, Tonya'. (AFP PHOTO/VALERIE MACON)

Aktris Pendukung Terbaik Oscar Diraih Allison Janney

JAKARTA (Independensi.com) – Allison Janney dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik Oscar 2018 berkat perannya di film biografi garapan Craig Gillespie I, Tonya.

Penghargaan tersebut diterimanya dalam gelaran yang dilangsungkan di Dolby Theatre, Minggu (4/3/2018) malam waktu Los Angeles.

Karakternya sebagai ibu dari skater Tonya Harding yang dingin dan brutal itu berhasil mengalahkan pesaing seperti Mary J. Blige (Mudbound), Lesley Manville (Phantom Thread), Laurie Metcalf (Lady Bird), Octavia Spencer (The Shape of Water).

Dalam pidato penerimaannya, Janney bercanda “Saya melakukan semuanya sendiri!” sebelum mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya di film ini serta aktor veteran Joanne Woodward, lawan mainnya yang muncul di film TV Blind Spot (1993).

Film I, Tonya sendiri bercerita tentang Harding, sosok atlet skate Amerika yang malang dan dilarang mengikuti olahraga kegemarannya tersebut setelah keterlibatan dia dalam sebuah serangan terhadap pesaingnya, Nancy Kerrigan.

Di Oscar, Janney yang berusia 58 tahun melengkapi piala yang telah koleksinya pasca menyapu bersih penghargaan Golden Globes, Baftas, Critics ‘Choice, dan Screen Actors Guild.

Sebelumnya dalam Oscar 2018, Film A Fantastic Woman yang mengisahkan drama tentang wanita transgender asal Cile memenangkan kategori Film Berbahasa Asing Academy Awards ke-90.

Film itu mengisahkan seorang wanita transgender yang berjuang melawan keluarga kekasihnya setelah pria yang ia sayangi itu meninggal dunia.

A Fantastic Woman disutradarai dan ikut ditulis oleh Sebastian Lelio. Capaian A Fantastic Woman membawa Cile pertama kalinya ke panggung Oscar 2018.

“Ini adalah hadiah luar biasa. Terima kasih The Academy. Saya ingin berterima kasih kepada para pemain, Fransisco Reyes dan Danila Vega,” ujar sutradara Lelio. (CNN/eff)