Ilustrasi. Piala Oscar. (Ist)

Live Report: Gegap Gempita Oscar 2018

JAKARTA (Independensi.com) – Karpet merah Academy Awards ke-90 atau Oscar 2018 telah digelar pada Minggu (4/3/2018) malam waktu Amerika di Dolby Theatre Los Angeles. Selebriti mulai bertaburan di sana.

Acara penghargaan film bergengsi di dunia ini akan dipandu komedian Jimmy Kimmel.

08:45
Mary J Blige Bawakan Lagu Pengiring Film ‘Mudbound’
Penyanyi senior Mary J Blige membawakan tembang Mighty River di panggung Oscar 2018. Ini merupakan lagu pengiring film drama sejarah Mudbound.

Blige mengenakan gaun megah berwarna merah muda. Ia diiringi puluhan penyanyi latar yang mengenakan setelan hitam.

08:40
‘Icarus’ Raih Film Dokumenter Panjang Terbaik
Greta Gerwig dan Laura Dern mengumumkan Icarus sebagai juara kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.

Film yang digarap sutradara Bryan Fogel dan diproduseri Dan Cogan ini mengungkap kebenaran akan fenomena doping dalam dunia olahraga.

Icarus mengalahkan empat film dokumenter keren lainnya, yakni Abacus: Small Enough to Jail, Faces/Places, Last Man in Aleppo, dan Strong Island.

08:31
Phantom Thread, Film Berdesain Kostum Terbaik
Film Phantom Thread didapuk sebagai film dengan desain kostum terbaik di Oscar 2018, mengalahkan Beauty and the Beast, Darkest Hour, The Shape of Water, dan Victoria & Abdul.

“Saya berterima kasih kepada Paul karena telah menulis film ini dengan brilian. Terima kasih kepada para bintang. Selain itu, para kolega saya di London yang mendesain kostum-kostum indah ini tanpa lelah. Juga kepada Oscar, terima kasih,” ujar Mark Bridges sambil menenteng pialanya.

08:25
‘Darkest Hour’ Jadi Film dengan Tata Rias dan Rambut Terbaik
Gal Gadot dan Armie Hammer menyebut judul Darkest Hour sebagai film dengan tata rias dan rambut terbaik tahun ini.

“Terima kasih kepada Gary Oldman. Kami tidak bisa berdiri di sini kalau tidak ada Anda,” ujar Kazuhiro Tsuji penata rias Darkest Hour.

Darkest Hour mengalahkan Victoria & Abdul dan Wonder.

08:19
Sam Rockwell Raih Piala Oscar Pertama
Aktris Viola Davis membacakan nama pemenang kategori Aktor Pendukung Terbaik. Nama aktor Sam Rockwell disebut sebagai pemenang berkat lakonnya di film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

Dalam mendapatkan Rockwell harus bersaing dengan Willem Dafoe (The Florida Project), Woody Harrelson (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Richard Jenkins (The Shape of Water), dan Christopher Plummer (All The Money In The World).

Sam Rockwell menjadi pemenang kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam Oscar 2018.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Willem Dafoe, Richard Jenkins, Woody Harrelson dan Christopher Plummer. Kalian keren! Kalian telah menjadi inspirasi saya,” ujar Rockwell.

“Semua bintang dan kru Three Billboards. Ini tak akan terjadi tanpa kalian semua,” imbuhnya.

Tahun ini, Rockwell mendapatkan piala di kategori yang sama dalam ajang film bergengsi lainnya, Golden Globes.

08:04
Jimmy Kimmel Buka Oscar 2018
Pemandu acara Jimmy Kimmel secara resmi membuka gelaran Oscar 2018. Ia bercerita mengenai kejadian memalukan tahun lalu di mana ia salah menyebut nama pemenang di kategori Film Terbaik.

“Oscar kini sudah berusia 90 tahun. Jika dia manusia, maka dia sekarang tengah menonton Fox News di rumah. Tak bercanda, Oscar masih yang terbaik di dunia hingga sekarang.”

Jimmy Kimmel resmi membuka Oscar 2018.

Kimmel juga menyinggung soal kasus pelecehan seksual Harvey Weinstein. Ia menyebut Weinstein pantas mendapatkan pelajaran dan tidak pantas berada di Oscar.

Selain itu, Kimmel pun menyebut soal popularitas film Black Panther. Selain itu, ia juga mengaku bangga dengan adanya sutradara wanita yang menjadi nomine, Greta Gerwig yang mengarahkan film Lady Bird.

08:01
Kolase Film Nomine
Panitia Oscars memutar sebuah kolase film dengan tema lawas yang menampilkan nama-nama para nomine yang bersaing meraih piala, termasuk Meryl Streep, Lupita Nyong’o, Chadwick Boseman, dan Armie Hammer.

07:48
Kilau Emas Para Bintang ‘Black Panther’
Para bintang film hit Black Panther kompak mengenakan gaun dan setelan jas yang didominasi warna emas, cokelat gelap, dan hitam dalam gelaran Oscar 2018. Nampak di karpet merah Chadwick Boseman, Lupita Nyongo, Daniel Kaluuya, dan Winston Duke.

“Wakanda selamanya!” teriak Boseman saat berada di karpet merah.

Daniel Kaluuya datang mengenakan setelan jas cokelat.

07:28
Timothée Chalamet Hadir Bareng Armie Hammer
Timothée Chalamet menghadiri gelaran Oscar 2018 bersama pasangannya dalam film hit Call Me By Your Name, Armie Hammer.

Chalamet mengenakan setelan jas serba putih. Sementara, Hammer datang memakai jas merah maroon dengan dasi kupu-kupu hitam.

Tahun ini, Call Me By Your Name masuk dalam beberapa nominasi, termasuk Film Terbaik, Aktor Utama Terbaik (Timothée Chalamet), Skenario Adaptasi Terbaik, dan Musik Orisinal Terbaik (Mystery of Love).

07:17
Jimmy Kimmel Masih Mimpi Buruk
Pemandu Jimmy Kimmel mengaku masih kerap mendapat mimpi buruk tentang kesalahannya dalam menyebut nama pemenang Oscar tahun lalu. Kejadian fenomenal itu memang disebut-sebut ‘merusak’ ajang film bergengsi dunia itu.

Ia kemudian membuat klip promosi Oscar untuk menjelaskan ‘penderitaannya’ itu dan mengunggahnya di akun Twitter pribadinya.

“Dan bagian paling buruknya adalah, mereka meminta saya melakukannya lagi,” ujarnya dalam klip itu.

07:09
‘Wonder Woman’ dan ‘Luke Skywalker’ Bakal Pandu Acara
Sejumlah nama aktris dan aktor telah diumumkan sebagai pembaca pemenang Academy Awards ke-90 alias Oscar 2018. Di antara nama tersebut, muncul Gal Gadot dan Mark Hamill.

Selain pemeran Wonder Woman dan Luke Skywalker itu, ada Armie Hammer dari Call Me by Your Name, Oscar Isaac pemeran Poe Dameron di Star Wars, Lin-Manuel Miranda dari Hamilton, Gina Rodriguez dari Ferdinand, Eva Marie Saint, West Studi, Kelly Marie Tran, dan Zendaya.

07:00
Common Tak Percaya Masuk Nominasi Oscar
Musisi Common tak percaya bisa menjadi nomine Oscar yang kedua kali. Namanya masuk menjadi nomine setelah mengerjakan lagu untuk film Marshall yang berjudul Stand Up For Something.

“Ibu saya masih tidak percaya. Ia bahkan mengatakan, ‘Bisakah kau percaya kau datang ke Oscar dua kali? Kau hanya pria kulit hitam dari bagian luar Chicago,'” ujar Common girang saat diwawancara Ryan Seacrest.

06:50
Meryl Streep Pecahkan Rekor Nominasi Oscar
Aktris senior Meryl Streep kembali menerima nominasi Academy Awards atau Oscar untuk kategori Aktris Terbaik yang diumumkan Selasa (23/1) kemarin. Nominasi kali ini didapatnya berkat berperan sebagai Katherine Graham dalam The Post.

Menariknya, pencapaian itu memperpanjang rekor Streep sebagai penerima nominasi Oscar terbanyak dengan perolehan 21 nominasi sepanjang sejarah Academy Awards.

Meryl Streep datang mengenakan gaun merah di karpet merah Oscar 2018.

06:39
Karpet Merah Bertabur Bintang
Karpet merah Academy Awards ke-90 atau Oscar 2018 telah digelar di Dolby Theatre Los Angeles, AS pada Minggu (4/3) malam waktu Amerika Serikat. Para bintang mulai berdatangan mengenakan gaun dan tuksedo mereka.

Banyak dari para aktris yang datang mengenakan gaun putih, seperti bintang Jane Fonda, Laura Dern dan Kristin Cavallari. Namun, ada juga yang memakai gaun berwarna kuning mencolok, seperti yang dikenakan aktris dalam film Baby Driver, Eiza Gonzalez. (CNN/eff)