Ilustrasi cabang olahraga Kabaddi. (Dok/Ist)

Kabaddi Lakukan Latihan di India

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim nasional cabang olahraga kabaddi dipastikan akan menjalankan pemusatan latihan  ke India, untuk memantapkan persiapan menyambut perhelatan Asian Games 2018.

“Dari rapat terakhir pengurus, rencana ‘training camp’ ke India jadi, walau aslinya harusnya awal bulan ini, tapi kemungkinan jadinya akhir bulan Maret atau awal April,” kata salah satu pelatih pelatnas Kadek Yogi Parta Lesmana seperti dikutip dari Antara, Senin (12/3/2018).

Pengurus Besar Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PB FOKSI), kata Yogi, telah berkomunikasi dengan pihak India dan rencananya, tim kabaddi Indonesia akan menghabiskan waktu di India sekitar dua pekan atau maksimal 21 hari, tergantung perkembangan yang terjadi. “Namun sebelumnya, kami akan melaksanakan seleksi yang akan menyaring 25 atlet putra dan 20 menjadi masing-masing 12 orang yang akan ditempatkan di mess di Bali sebelum diberangkatkan ke India,” ujar Yogi.

Dari rencana awal, sebelum melaksanakan pemusatan latihan ke India, tim kabaddi Indonesia akan melaksanakan uji coba ke Malaysia 15-18 Maret untuk turun di turnamen kabaddi “circle style”. “Namun, jika melihat waktu yang sempit dan beberapa pertimbangan lain, rencana tersebut kami pending dulu dan memfokuskan dulu berlatih di dalam negeri,” ucapnya.

Saat ini, tim sendiri, tengah memasuki sesi persiapan khusus berupa penajaman teknik dan strategi saat bertanding, setelah sebelumnya porsi latihan dilaksanakan 60 persen pematangan fisik, 40 persen penajaman teknik. “Untuk fisik sudah 65 persen peningkatannya, saat ini kami masuk ke persiapan khusus, namun tetap masih fokus ke fisik sebagai persiapan para atlet untuk ke India agar nanti di sana fisiknya tidak memadai yang menjadi kerugian tersendiri,” tutur Yogi.

Cabang olahraga kabaddi memang rencananya akan dimainkan di Asian Games 2018 dengan mempertandingkan dua nomor (putra dan putri). Sejak dimainkan pertama kali di Asian Games 1990 Beijing (putra) dan Asian Games 2010 Guangzhou (putri), India mendominasi cabang yang populer di Asia Selatan ini dengan menyapu bersih seluruh emas dari setiap gelaran yang ada.