Patrick Vieira
Patrick Vieira. (foto istimewa)

Legenda Arsenal Justru Bela Wenger

JAKARTA (IndependensI.com) – Pesepakbola legendaris Arsenal, Patrick Vieira, mengakui bahwa dirinya memiliki keinginan untuk menjadi pelatih The Gunners.

Namun, itu bukan untuk sekarang ini, melainkan suatu saat nanti. Vieira sejak dua tahun lalu sudah bertugas sebagai pelatih di tim Major League Soccer (MLS), New York City FC.

Mantan pemain internasional Prancis tersebut digadang-gadang untuk kembali ke London utara menggantikan Arsene Wenger sebagai arsitek tim.

Namun, karena rasa hormat dan kekagumannya terhadap Wenger, yang dulu juga pernah menjadi pelatihnya, Vieira tidak akan menerima pekerjaan tersebut dalam waktu dekat ini. “Katakanlah suatu hari nanti, mungkin itu menarik perhatian saya. Suatu hari mendatang,” ucap Vieira seperti dilansir Sports Illustrated.

“Saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi, karena tidak ada yang bisa dikatakan dan saya tidak ingin menyakiti Arsene, yang saya sayangi dan orang yang saya menaruh banyak rasa hormat,” jelas mantan kapten Arsenal di awal 2000-an.

Vieira sendiri sangat menyayangkan sikap para penggemar Meriam London yang mengkritik Wenger secara bertubi-tubi, akibat dari buruknya performa tim. Menurutnya, Wenger merupakan sosok pelatih yang sangat loyal dan selalu ingin Arsenal meraih kesuksesan.

Wenger, kata Vieira, telah menolak sejumlah tawaran menggiurkan dari sejumlah klub papan atas Eropa demi bertahan di Arsenal. Kritikan dari para penggemar pun sulit untuk diterima. “Dia mengatakan tidak kepada semua tawaran untuk tetap bertahan di Arsenal dan hari ini orang melupakannya,” ungkap Vieira.

Wenger, yang sudah menangani Arsenal selama kurang lebih dua dasawarsa, mendapat desakan dari para penggemar untuk mundur dari kursinya. Tekanan begitu meningkat dalam beberapa pekan terakhir, setelah menelan empat kekalahan beruntun di semua kompetisi, sebelum meraih kemenangan 2-0 atas AC Milan di leg pertama perempat final Liga Europa 2017/2018.(BM/ist)