Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karo Ny.Sariati Sitompul Terkelin Brahmana ,saat berada di Kantor UP2K di Desa Sempajaya Peceren Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

UP2K Desa Sempajaya Berastagi Dipersiapkan Jadi Percontohan di Tingkat Provinsi

BERASTAGI (Independensi.com) – Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) sangat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pengelolaannya yang langsung dari, oleh dan untuk masyarakat, membuat program UP2K bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Program UP2K diyakini dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan juga sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat pedesaan,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana selaku ketua Dewan Pembina PKK didampingi Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karo Ny.Sariati Sitompul Terkelin Brahmana, saat berada di Kantor UP2K di Desa Sempajaya Peceren Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo, Sabtu 10/3/2018).

Menurut Bupati, kegiatan program UP2K ini diharapkan dapat menjadi salah satu program untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga dan sekaligus dapat meningkatkan daya beli masyarakat. “Saya hadir ditengah-tengah ibu UP2K karena ingin memberikan motivasi agar semua masyarakat desa harus kompak dan bersatu serta membuat terobosan dan inovasi,” kata Terkelin Brahmana.

Terkelin juga memuji kinerja UP2K yang masuk rekor percontohan tingkat provinsi. “Untuk mendapatkan gelar juara harus melalui usaha yang gigih, kerja sama yang baik, komunikasi yang baik dan bekerja dengan ikhlas, cerdas dan berkualitas,” katanya.

Dalam sambutannya, Ny Terkelin Surbakti yakni Ny Sariati Sitompul mengungkapkan, adanya rencana untuk tahun 2018 ini Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi merupakan salah satu Desa Percontohan kategori UP2K yang akan dilombakan ke jenjang tingkat propinsi. Oleh sebab itu , perlu dilakukan pembinaan agar memenuhi kriteria-kriteria dan indikator penilaian agar memenuhi syarat untuk menjadi juara nantinya di tingkat propinsi.” Kata Ny.Sariati Sitompul Ketua TP.PKK Kab.Karo

Menurut istri Bupati Kab.Karo ini, perkembangan program UP2K di Desa Desa Sempajaya sangat menggembirakan. Kunjungan ini merupakan penilaiaan awal. Mudah-mudahan Desa Sempajaya ini bisa mewakili kabupaten Kabupaten Karo, ke jenjang tingkat Propinsi.

“Saya optimis, seperti yang pernah dialami oleh Desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo pada tahun 2016 memenangi penilaian dan juara 1 tingkat propinsi Sumatera Utara sehingga dilombakan ke tingkat nasional dan berhasil mendapatkan juara 5 tingkat nasional,”katanya.

Atas pertimbangan itu pula, Ny Sariati Sitompul berharap Desa Sempajaya ke depan dapat mengikuti jejak Desa Gung Pinto, yang lebih dulu berprestasi dan mendapat juara baik tingkat propinsi dan tingkat nasional,” tandasnya

“Adapun penilaian dan kriteria mencakup tiga aspek yaitu bidang kelembagaan, administrasi dan kegiatan-kegiatan UP2K PKK, ini dasar pembinaan Desa Percontohan UP2K. Oleh sebab itu persiapkan harus lebih matang, baik perorangan maupun perkelompok” tuturnya.

Hadir dalam pembinaan UP2K tersebut Ketua Tim PKK Kabupaten Ny.Mirton Ketaren, Camat Berastagi Mirton Ketaren, dan Ketua UP2K Desa Sempa Jaya Ibu Lilis Sulastri dan peserta masyarakat dan ibu PKK sebanyak 100 orang. (Daris)