Ketua panitia acara Tour dengan Sinabung Hanna Br Bangun (pegang mix) berikan kata sambutan di hadapan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di dampingi Ny. Sariaty Terkelin Brahmana di sela sela pelepasan peserta lomba sepeda gunung.

Tour de Sinabung ke-5 Berlangsung Sukses, Diikuti 1.800 Peserta

KARO (IndependensI.com) – Kegiatan tahunan Tour de Sinabung ke-5 tahun 2018 berlangsung sukses. Acara yang berlangsung Minggu (23/9/2018) tersebut berpusat di Tanah Karo  dan dihadiri  oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH yang sekaligus melepas peserta.  Kegiatan tersebut terlaksana atas komunitas Sepeda Gunung dan “Sepeda Ontel ” pada pukul 07.00 wib di kawasan penatapan Tongging, Sipiso Piso Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

“Kegiatan bersepeda gunung dan turut di ikuti komunitas sepeda ontel yang bertajuk Tour De Sinabung 5 ini sudah sering dilakukan oleh LSM Tanah Karo Hebat terpusat di Kabupaten Karo dengan berpindah pindah tempat lokasi acara. Tour De Sinabung kali ini tercatat peserta terbanyak  yang berjumlah 1800 peserta.

Hal ini dikatakan Ketua Panitia Hanna Br Bangun di dampingi Wakil Ketua Mulianta Purba dan sebagai Dewan Pembina Liasta Karo Karo. Peserta yang ikut berasal dari seluruh kabupaten se-Sumatera Utara.  Selain itu, peserta yang ikut selain dari sepeda gunung ada juga dari persatuan sepeda Ontel dari provinsi Aceh.

Yang tidak kalah menarik, dalam kurun yang telah dilalui pelaksanaan Tour De Sinabung 1,2,3 dan 4 di wilayah Tanah Karo, kegiatan kali ini sangat istimewa. Kenapa? Karena peserta Ontel ada yang hadir dari manca negara yaitu negara Malaysia.

Menurut Hanna Br Bangun, kegiatan ini selalu diadakan setiap setahun sekali. Acara “Tour De Sinabung” bertujuan untuk mendorong dan memperkenalkan daerah wisata Kabupaten Karo yang kaya akan potensi sumberdaya alam sebagai daerah tujuan objek wisata favorite. Panitia sengaja memilih lokasi start untuk melepas peserta sepeda Ontel di kawasan wisata Tongging  agar para peserta dapat mengenal lokasi tersebut.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana menuturkan  sangat berterimakasih kepada panitia atas terselenggaranya acara Tour de Sibanung yang ke-5. Terutama saya sampaikan kepada Ibu Hanna Br Bangun sebagai ketua panitia dan juga kepada rekan rekan yang begitu peduli dan antusias memajukan dan mendorong memperkenalkan daerah wisata Tongging khususnya dan Tanah Karo pada umumnya.

Melalui kegiatan sepeda Ontel ini sangat luar biasa dampaknya dalam mempromosikan wisata Tanah Karo.  “Dengan adanya kegiatan tersebut yang sudah berulang kali, mudah-mudahan sesuai harapan saya dengan panitia ke depan objek wisata Tongging dan sekitarnya yang telah dijadikan event sebagai wadah ‘Tour De Sinabung 5’ ini akan bermanfaat dan berkontribusi kepada masyarakat Karo. Pada prinsipnya Pemkab Karo mendukung setiap kegiatan yang sifatnya memajukan kepentingan masyarakat Karo,”tegas Terkelin.

Kepada peserta yang ikut, Bupati Karo ini berpesan agar memperhatikan faktor keamanan karena route yang dilalui cukup penuh tantangan, terutama dari Gajah Bobok-Aek Hotang-Pengambatan dan finish Tongging.

Dalam acara peresmian pembukaan acara Sepeda Ontel ini, ditandai pelepasan balon ke udara oleh Bupati Karo disaksikan Forkopimda dan para OPD Kab.Karo, sebagai tanda Tour diresmikannya Tour De Sinabung 5..

Turut hadir dalam acara ini Dirut BPODT Ary Prasetio, Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny.Sariati Terkelin Brahmana, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu Sik , Kepala Dinas Kesehatan Drg Irna Safrina br Meliala, Kadis Parawisata Ir. Mulia Barus,, Direktur RSU, Kakan Satpol PP Hendrik Philemon Tarigan, dr. Arjuna Bangun, Camat Merek Tomi Heriko, Camat Tiga Panah Data Martina, Kabag Protokol Djoko Sujarwanto. (Daris Kaban)