BERIKAN SEMANGAT - Menpora Imam Nahrawi melakukan kunjungan ke pelatnas atlet Para Games di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/3/2018). Kunjungan ini untuk memberikan semangat dan meningkatkan motivasi atlet menjelang ajang Asian Para Games (APG) 2018 pada bulan Agustus mendatang. (Istimewa)

Menpora Berikan Semangat Atlet Para Games

Loading

SOLO (IndependensI.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengapresiasi para atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dalam mengikuti pemusatan latihan nasional persiapan Asian Para Games (APG) 2018 yang dipusatkan di Kota Solo, Jawa Tengah.

“Saya melihat para atlet NPC Indonesia tetap semangat dalam mengikuti Pelatnas APG 2018 meski dengan peralatan belum lengkap,” kata Imam seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/3/2018). Imam meminta NPC Indonesia untuk segera membelikan peralatan untuk kebutuhan para atlet Asian Para Games 2018 karena pelaksanaan APG maupun Asian Games 2018 di Jakarta tinggal beberapa bulan lagi.

Lebih jauh Menpora mengatakan, peralatan kebutuhan atlet sebenarnya sudah lama diminta untuk segera dipersiapkan sejak November 2017 dapat dipahami bagaimana kesulitan NPC untuk menyiapkan segala perencanaan baik peralatan maupun lainnya. Menurut Menpora, karena model keuangan pemerintah sekarang sudah diubah yang duhulunya dikelola secara swakelola Kemenpora, namun anggaran per 2018 semuanya dilimpahkan langsung kepada cabang olahraga dan NPC. “Jadi NPC yang mengelola dari rekening pemerintah senilai Rp130 miliar langsung dikirim ke rekening NPC,” kata Menpora.

Imam melanjutkan, sebelum anggaran dikirim ke rekening NPC harus ada perencanaan yang baik, kebutuhan-kebutuhan anggaran baik untuk peralatan, dan lainnya yang detail. Dari hal itu, baru dilakukan nota kesepahaman (MoU). Kendati demikian, Menpora tetap bersyukur karena semuanya sudah dapat dilewati, dan tinggal waktu yang tersisa dilakukan percepatan untuk pembelian peralatan untuk pendukung para atlet NPC. “Saya masih ingin pembelian alat tidak harus mengikuti mekanisme formal di Kemenpora, tetapi memakai Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang dan Jasa untuk Asian Para Games dan Asian Games, sehingga dapat diproses secara cepat oleh NPC,” katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Presiden NPC Indonesia Senny Marbun menjelaskan, dengan kunjungan Menpora ke Pelatnas NPC memberikan semangat para atlet lebih giat berlatih untuk meraih prestasi untuk negara. “Para atlet meski dengan peralatan seadanya tetapi mereka tetap semangat berlatih untuk prestasi karena ada kemauan. NPC siap untuk pengadaan peralatan para atletnya yang bisa memberikan motivasi mereka giat berlatih untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia,” katanya.