foto istimewa

Presiden Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro An Nawawi

Loading

SERANG (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo Kamis 14 Maret 2018 meluncurkan program Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Rabu. Bank Wakaf Mikro An Nawawi merupakan Bank wakaf  ketiga setelah Cirebon dan Surabaya yang sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

“Bank Wakaf Mikro ini dibentuk oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk membantu para nasabahnya, dan supaya betul-betul digunakan sehingga usahanya itu bisa berkembang,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi bersama dengan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Ketua MUI Maruf Amin juga menyempatkan berbincang dengan para nasabah Bank Wakaf Mikro An Nawawi Tanara.

Melalui program bank wakaf mikro tersebut, Presiden Jokowi berharap para nasabah mampu mengembangkan usaha melalui bantuan pembiayaan dan pembinaan.

Sementara Ketua OJK Wimboh dalam sambutanya mengatakan OJK telah memfasilitasi pendirian 20 bank wakaf mikro di Jawa. Hingga awal Maret 2018, dari 20 bank wakaf mikro telah menyalurkan pembiayaan kepada 2.784 nasabah dengan total pembiayaan Rp2,45 miliar.

“Rencananya OJK akan mendirikan 20 bank wakaf mikro lagi, terutama untuk di luar Jawa,” urai Wimboh

Skema pembiayaan melalui bank wakaf mikro adalah pembiayaan tanpa agunan dengan nilai muali dari Rp1juta sampai Rp3 juta dan margin bagi hasil setara 3 persen.

Wimboh mengatakan bahwa pembiayaan di Bank Wakaf Mikro An Nawawi Tanara didukung oleh pendiri Grup Mayapada Dato’ Sri Tahir sebagai donatur.

“Khusus An Nawawi Tanara, donatur dari Dato Sri Tahir. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu donatur berikutnya,” tambah Wimboh.

“ Saat ini nasabah Bank Wakaf Mikro An Nawawi Tanara sudah lebih dari 200 nasabah dengan potensinya mencapai 3.000 nasabah” tutup  Wimboh