Pertemuan dengan sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Pagi, Kota Cirebon, Kamis (15/3/2018). (Independensi.com/Putra Fernando)

Perumda Pasar Berintan Capai Kesepakatan dengan Pedagang Pasar Pagi

CIREBON (Independensi.com) – Setelah melalui perundingan, akhirnya Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon bersama dengan ikatan pedagang Pasar Pagi sepakat dengan harga perpanjangan sewa. Berbagai fasilitas di pasar tersebut juga akan ditingkatkan.

Direktur Utama Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon, Akhyadi, menjelaskan jika hari ini, Kamis (15/3/2018), telah dilakukan pertemuan dengan sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Pagi, Kota Cirebon.

“Pembahasannya mengenai harga sewa kios dan los di pasar tersebut,” ungkap Akhyadi, Kamis.

Setelah dilakukan pembahasan, akhirnya kata sepakat pun dicapai, yaitu harga sewa kios depan sebesar Rp 7,5 juta/meter dan harga sewa los dalam sebesar Rp 6,5 juta/meter.

“Harga tersebut sudah diputuskan bersama dengan memperhitungkan berbagai pertimbangan dan sudah tidak bisa berubah lagi,” kata Akhyadi.

Harga sewa tersebut berlaku selama 10 tahun. Selanjutnya Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon juga berkomitmen untuk melakukan renovasi 10 item di pasar tersebut, diantaranya renovasi lantai keramik, parkir, saluran air, akses masuk ke pasar dan sejumlah fasilitas lainnya.

Selanjutnya, untuk meringankan bebas pedagang, Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon juga akan bekerja sama dengan Bank Jabar dalam membantu pembiayaan sewa kios dan los tersebut.

“Kami minta pedagang tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu maupun kabar yang keberanannya tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Akhyadi.

Seperti diketahui, masa kontrak pedagang di Pasar Pagi Kota Cirebon akan habis 1 April 2018 mendatag. Selanjutnya kepada pedagang diberi kesempatan untuk melanjutkan kembali kontraknya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Pagi Kota Cirebon, Lutfhi, mengungkapkan jika mereka bisa menerima harga yang telah ditetapkan tersebut.

“Syaratnya, sejumlah fasilitas yang ada di pasar harus diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya,” kata Lutfhi. (Putra Fernando)