Pendaftaran dibuka mulai 2 Mei sampai 12 Mei 2018 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka dengan tim seleksi langsung dari Universitas Jambi.

Pemkab Bangka Biayai Penuh 5 Siswa SMA Kuliah di FK Unja

SUNGAILIAT (IndependensI.com) – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan beasiswa kedokteran gratis untuk lulusan sekolah menengah atas atau madrasyah aliyah di daerah ini.

“Beasiswa akan diberi melalui proses seleksi dalam waktu dekat hanya untuk 5 orang pelajar terbaik,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Akhmad Mukhsin di Sungailiat, Selasa seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan pada 2018 seleksi beasiswa daerah calon mahasiswa kedokteran nantinya akan dikuliahkan di Universitas Jambi.

Menurut dia, persyaratan umum adalah pelajar harus lulusan SMA atau MA tahun 2016, 2017, dan 2018 dengan memiliki surat keterangan lulus siap menjalani tahapan seleksi tertulis, jasmani hingga psikotes yang dalam penilaiannya harus memiliki kriteria ditentukan untuk kelulusannya.

“Jika lulus bersedia mengabdi untuk Kabupaten Bangka dengan pernyataan di atas materai sehingga kita prioritaskan untuk di Kabupaten Bangka,” katanya.

Ia mengatakan beasiswa kedokteran sebetulnya sudah ada sebelumnya baik untuk jenjang dokter umum maupun spesialis. Pada 2018 kembali dibuka mengingat banyaknya rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat yang berdiri di Kabupaten Bangka sehingga diperlukan persiapan untuk memiliki dokter.

Ia menambahkan beasiswa kedokteran ini akan berjalan transparan karena tidak ada jatah atau titipan.

“Pelajar berprestasi yang akan menjadi peraih beasiswa kedokteran di Universitas Jambi. Beasiswa ini dipastikan penuh untuk pendidikan selama perkuliahan nanti,” kata Akhmad Mukhsin.

Ia mengharapkan pelajar bisa mempersiapkan diri jika mengikuti seleksi ini mulai pendaftaran pada 2 Mei sampai 12 Mei 2018 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka dengan tim seleksi langsung dari Universitas Jambi.