Opera Touch

Opera Luncurkan Peramban Baru

JAKARTA (IndependensI.com) – Ponsel “zaman now” semakin banyak kemampuannya, juga semakin besar layarnya. Bentuk yang semakin besar memaksa pengguna memakai kedua tangannya untuk menggunakan smartphone.

Opera menganggap penggunaan aplikasi dengan dua tangan tidak efisien. Mereka pun meluncurkan peramban (browser) baru yang bisa digunakan hanya dengan satu tangan yaitu Opera Touch. Opera juga meningkatkan aplikasi ini untuk berbagi konten antara peramban di perangkat bergerak dan desktop.

Agar lebih mudah digunakan, peramban baru ini langsung membuka bidang pencarian dan keyboard setiap kali diaktifkan. Tombol FAB (fast action button) ditempatkan di bagian bawah layar. Jika ditekan, tombol ini akan membuka beberapa tombol lain. Dengan FAB, berbagai perintah bisa dijalankan hanya dengan satu jari.

Opera Touch juga memasang fungsi lain seperti ad-blocker, cryptojacking protection, pemindai QR code dan barcode, serta menyimpan situs yang sering dibuka.

Fungsi lain yang menarik adalah Flow. Dengan fungsi ini, pengguna bisa mengirim tautan dari Opera Touch ke peramban versi desktop. Koneksi antara keduanya dilakukan dengan pemindaian QR code dan tidak dibutuhkan pembuatan akun tertentu untuk sinkronisasi.

Setelah itu, pengguna tinggal menekan FAB untuk mengirim tautan ke peramban di desktop dan sebaliknya secara instan. Koneksi ini dijamin aman dengan enkripsi end-to-end. Artinya, kode tersebut hanya bisa dibuka oleh perangkat pengirim dan penerima.

Seiring dengan peluncuran Opera Touch, Opera juga mengeluarkan versi terbaru peramban desktop untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

One comment

Comments are closed.