Dokementasi

Jamkrindo Diminta Dukung Pengembangan UMKM-Koperasi

TOMOHON (IndependensI.com) – Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara berharap Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meningkatkan dukungannya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, serta koperasi.

“Perum Jamkrindo adalah perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan kebijakan pembangunan nasional melalui peningkatan dukungan bagi UMKM dan koperasi,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemkot Tomohon, ODS Mandagi di Tomohon, Kamis (17/5/2018).

Peran Jamkrindo, lanjut dia, secara efektif menunjang struktur perekonomian nasional yang tangguh, sehat, dan efisien sesuai dengan visinya.

“Jamkrindo diharapkan mempermudah UMKM dan koperasi mengakses sumber pembiayaan baik dari perbankan maupun kreditur lainnya,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Mandagi, terdapat beberapa perusahaan penjamin kredit, termasuk perusahaan asuransi yang melaksanakan fungsi penjaminan.

Namun, katanya, karena keterbatasan permodalan dan wilayah operasional membuat pelayanan lembaga-lembaga tersebut belum secara optimal dirasakan pelaku UMKM dan koperasi di seluruh Indonesia, termasuk Kota Tomohon.

Kesulitan itu juga ditambah dengan ciri khas UMKM dan koperasi yang membutuhkan penyesuaian layanan berdasarkan tipikal masing-masing daerah.

“Perum Jamkrindo yang sebelumnya dikenal Perum Sarana Pengembangan Usaha adalah perusahaan penjamin kredit di Indonesia. Ini adalah BUMN yang memang mengambil fokus bisnis penjaminan kredit bagi UMKM dan koperasi. Pelaku usaha diharapkan memanfaatkan peluang ini,” katanya. (ant/kbn)