peserta mudik  bareng gratis
Ilustrasi peserta mudik  bareng gratis. (foto istimewa)

Pemprov Jatim Ingatkan Pemudik untuk Perhatikan Detail-detail Keselamatan

JAKARTA (IndependensI.com) –  Pemprov Jatim memberangkatkan 4.345 peserta mudik  bareng gratis dengan 79 bus di halaman kantor Dishub Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (12/06/2018).

Program tahunan ini  bertujuan melayani warga kurang mampu, supaya bisa kembali ke kampung halamannya dengan aman, nyaman, dan selamat.

Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Jatim, Ahmad Sukardi, meminta kepada seluruh masyarakat yang ingin mudik untuk memperhatikan detail-detail keselamatan.

Seperti mengecek kelayakan kondisi kendaraan, kesehatan pengemudi, serta informasi dan perkembangan terkait rute-rute yang akan dilewati.

“Kendaraan harus prima, pengemudinya harus fit, dan wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Ingat, yang penting bukan cepat sampai, tapi sampai dengan selamat. Jika lelah di jalan, pemerintah sudah menyediakan rest area di berbagai titik. Selamat mudik, jangan lupa berdoa sebelum berangkat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Jatim  Wahid Wahyudi mengatakan, untuk mudik bareng gratis di Jatim tahun ini, disediakan sebanyak 208.203 seat (kursi), yang mencakup seat bus, kapal laut, dan kereta api.

“Jumlah armada mudik yang disiapkan sangat banyak, dan melayani berbagai rute, bahkan hingga rute di kepulauan yang terpencil,” ujarnya.

Dicontohkannya, tahun ini Dishub Jatim menyediakan 560 armada bus yang jumlah seatnya sudah 98% terisi. Tidak hanya Dishub Jatim szaja yang menyediakan armada, tapi perusahaan-perusahaan swasta, kampus-kampus, juga ikut menggelar mudik gratis. Jadi total ada 926 armada bus yang disiapkan untuk mudik tahun ini.(BM/ist)