Pemain Jerman, Toni Kroos, merayakan golnya ke gawang Swedia pada penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Sochi, Rusia, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Juara Bertahan Belum Aman

JAKARTA (IndependensI.com) – Piala Dunia tidak pernah mudah untuk juara bertahan. Dari empat juara terakhir, tiga gagal lolos penyisihan grup. Satu tim lagi, yaitu Brasil, tersingkir di perempat final Piala Dunia 2006.

Jerman nyaris mengalami nasib serupa. Kalah dari Meksiko pada pertandingan pertamanya di Grup F, Jerman wajib menang melawan Swedia di Sochi, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.

Tim asuhan Joachim Low berada di ujung tanduk ketika Swedia unggul lebih dulu lewat gol Ola Toivonen di menit 32. Jerman baru bisa menyamakan skor lewat serangan Marco Reus sekitar tiga menit memasuki babak kedua.

Jerman mengejar gol kemenangan karena imbang saja belum cukup untuk bertahan di Rusia 2018. Di menit 82, beban Jerman bertambah setelah Jerome Boateng kena kartu merah.

Namun “Die Mannschaft” tidak kenal menyerah. Mereka terus melancarkan serangan hingga akhirnya berhasil menjebol gawang Swedia di menit kelima injury time. Gol kemenangan dipersembahkan gelandang Real Madrid, Toni Kroos.

Jerman menang 2-1 dan menempati peringkat dua klasemen sementara Grup F dengan tiga poin, unggul head-to-head atas Swedia.

Meksiko memperkuat posisinya di urutan pertama dengan enam poin usai mengalahkan Korea Selatan 2-1 di Rostov. Gol Meksiko dihasilkan Carlos Vela lewat eksekusi penalti di menit 26 dan Javier Hernández di menit 66. Korsel memperkecil kekalahan melalui gol Son Heung-min di menit ketiga injury time.

Hasil pertandingan Grup F menciptakan keadaan yang menarik. Meksiko belum pasti lolos ke babak 16 besar meski sudah mengantongi dua kemenangan. Sebaliknya, Korsel belum tersingkir meski sudah dua kali kalah.

Meksiko butuh setidaknya hasil imbang lawan Swedia untuk meraih tiket 16 besar sebagai juara grup. Meksiko juga bisa lolos seandanya Jerman gagal menang lawan Korsel.

Swedia bisa lolos jika menang lawan Swedia atau meraih hasil lebih baik ketimbang Jerman. Jika bisa mengalahkan Meksiko, dan Jerman gagal menang, Swedia akan menjadi juara grup.

Jerman harus menang dengan keunggulan minimal dua gol atau meraih hasil lebih baik dari Swedia untuk lolos. Seandainya Jerman dan Swedia sama-sama meraih hasil imbang di hari terakhir, tim dengan skor yang lebih tinggi yang berhak lolos. Jika hasilnya sama, Jerman yang lolos karena unggul head-to-head atas Swedia.

Korsel tetap bisa melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 meski peluangnya kecil. Syaratnya, Korsel harus mengalahkan Jerman dan berharap Meksiko mengalahkan Swedia.