Pemain Kolombia, Yerry Mina, merayakan golnya ke gawang Polandia pada penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Kazan, Rusia, Senin (25/6/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Kolombia Jaga Peluang Lolos

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kolombia menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Polandia 3-0 di Kazan, Rusia, Senin (25/6/2018) dini hari WIB. Kemenangan telak ini menempatkan Kolombia di urutan tiga klasemen sementara Grup H dengan tiga poin.

Jepang masih menempati urutan pertama setelah bermain imbang 2-2 dengan Senegal di Yekaterinburg. Kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin dari dua pertandingan. Urutan terbawah ditempati Polandia yang belum meraih angka.

Kalah dari Jepang di pertandingan pertama, Kolombia wajib menang untuk bertahan di pesta sepakbola dunia ini. Yerry Mina membuka keunggulan tim asuhan Jose Pekerman dengan golnya di menit 40.

Kolombia menggandakan keunggulannya melalui serangan Radamel Falcao di menit 70. Sekitar lima menit berselang, Juan Cuadrado, menaklukkan kiper Wojciech Szczesny.

Usai pertandingan, Pekerman mengatakan tim asuhannya masih harus memperbaiki penampilan. Untuk lolos dari penyisihan grup, Kolombia butuh kemenangan atas Senegal di Samara pada 28 Juni 2018.

“Kemenangan ini membuat kami lebih kuat. Tingkat kebugaran pemain meningkat dan hari ini, dari awal hingga akhir, kami bisa mempertahankan kinerja,” kata Pekerman di laman fifa.com.

“Tapi kami tidak mau lupa diri. Secara mental, kami berada di posisi yang bagus tapi kami harus terus meningkatkan penampilan. Kami berambisi melangkah sejauh mungkin di Piala Dunia. Kami akan terus maju dengan kepercayaan diri,” ujar pelatih asal Argentina itu.

Pekerman tidak lupa berterima kasih kepada para pendukung yang datang ke stadion, dan kepada lebih banyak lagi fans di Kolombia.

Pada pertandingan Grup H lain di Yekaterinburg, Jepang dan Senegal berbalas gol sebelum mengakhiri duel dengan hasil imbang.

Senegal unggul lebih dulu lewat gol Sadio Mane di menit 11. Jepang mengimbanginya melalui serangan Takashi Inui di menit 34. Moussa Wagué membuat Senegal kembali unggul di menit 71. Hanya tujuh menit berselang, Keisuke Honda mencetak gol penyeimbang untuk Jepang.

Jepang dan Senegal sama-sama mengoleksi empat poin dari dua pertandingan. Kedua tim juga memiliki produktivitas gol yang sama. Dengan kondisi ini, persaingan menuju 16 besar masih terbuka.