Anthony Sinisuka Ginting. (Istimewa)

Anthony Kandas, Jonatan Melaju

JAKARTA (IndependensI.com) – Anthony Sinisuka Ginting akhirnya harus mengakui keunggulan Kento Momota, pemain tunggal putra terbaik Jepang saat ini. Anthony dikalahkan Momota pada pertandingan babak pertama Malaysia Open 2018 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (27/06/2018). Anthony ditaklukkan Momota dengan skor 21-12, 17-21, 14-21 dalam tempo 81 menit.

Anthony tampil baik di game pertama dan ia sama sekali tak memberikan kesempatan pada Momota untuk mengembangkan permainan, sehingga Momota banyak melakukan kesalahan sendiri. Seperti sudah diprediksi, game kedua bakal berlangsung sengit, kedua pemain terus berkejaran angka. “Momota mengubah pola permainan di game kedua, dia pintar cari kesempatan untuk menyerang. Sebetulnya serangannya tidak terlalu bahaya, tetapi pukulan sambungnya yang lebih menyulitkan,” kata Anthony seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

“Di game ketiga, saya kepancing untuk menyerang terus, padahal lawan punya pertahanan yang bagus. Nggak bisa sekali dua kali serang, memang harus siap capek. Awal game ketiga juga sempat ramai, lalu dia mempercepat tempo permainannya,” tutur Anthony. “Secara keseluruhan saya cukup puas dengan penampilan hari ini, artinya dari segi permainan di lapangan cukup imbang. Walaupun kalah, tetapi saya memberikan perlawanan. Sebetulnya di game kedua kalau saya lebih nekad, lebih tahan, dan lebih fokus, saya punya peluang untuk menang,” sebutnya.

Amankan Babak Kedua

Sementara itu, tunggal putra Jonatan Christie berhasil mengamankan tempat di babak kedua setelah menundukkan pemain tuan rumah, Daren Liew 21-18, 21-17. Pertandingan berlangsung cukup alot di game pertama. Akan tetapi di game kedua, Jonatan yang sudah unggul jauh 14-4, sempat nyaris terkejar saat Liew mendekat hingga 11-14. Untungnya Jonatan kembali memegang kendali permainan dan akhirnya menyelesaikan game kedua.

“Saat itu saya berpikir kalau unggul jauh, jadi agak menurun sedikit. Seharusnya tidak boleh, saya tidak boleh memberi kesempatan sama sekali kepada lawan. Saat itu lawan mainnya nothing to lose juga, sedangkan saya kurang berani di permainan depan net,” jelas Jonatan soal pertandingannya.

Di babak kedua, Jonatan akan bertemu dengan Brice Leverdez. Skor pertemuan sementara 1-0 untuk keunggulan Jonatan. Di ajang Thailand Open 2017, Jonatan mengalahkan Leverdez dengan skor 21-15, 21-19. “Karena sudah pernah bertemu, jadi saya sudah tahu cara mainnya dia (Leverdez). Tetapi kadang ini tidak bisa dijadikan patokan karena di pertemuan selanjutnya kadang permainan lawan bisa berubah lagi,” tutur Jonatan.

Jonatan menyusul langkah Tommy Sugiarto yang sudah lebih dulu lolos ke babak kedua. Tommy mengalahkan Sameer Verma dari India dengan skor 21-13, 21-5.