Lionel Messi
 Lionel Messi. (foto istimewa)

Messi Pertahankan Statusnya

JAKARTA (IndependensI.com) – Lionel Messi mempertahankan statusnya sebagai peraih Sepatu Emas Eropa (European Golden Shoe) setelah memantapkan posisinya di urutan teratas sebagai pencetak gol terbanyak di Benua Biru.

Mega bintang Barcelona itu telah membukukan 34 gol di Liga Spanyol musim ini. Messi tidak mudah untuk bisa mempertahankan penghargaan ini. Sebab, ada beberapa pemain yang mencoba untuk mengganggu La Pulga. Salah satunya datang dari Mohamed Salah.

Satu bulan lalu, bintang Liverpool itu sempat difavoritkan meraih Sepatu Emas Eropa karena dia berhasil menyamai torehan gol Messi dengan 29 gol. Tapi hingga kompetisi Liga Inggris usai, Salah hanya mampu menambah tiga gol saja.

Sehingga Salah tertahan di posisi kedua dengan total 32 gol. Sementara Messi terus menambah rekening golnya dan saat ini tercatat telah mengoleksi 34 gol (87 menit per gol). La Pulga masih mempunyai peluang untuk menambah golnya mengingat kompetisi Liga Spanyol masih menyisakan satu laga lagi.

Seperti dikutip dari ESPN, Senin (14/5/2018), tabel Sepatu Emas Eropa memiliki peringkat berdasarkan poin daripada gol. Dengan gol yang dicetak di lima liga teratas Eropa bernilai dua poin.

Jonas dari Benfica mengakhiri musim dengan mencetak 34 gol di kompetisi domestik atau Liga Portugal. Namun dilihat dari tabel, dia berada di urutan kedelapan lantaran Liga Portugal hanya bernilai 1,5 poin.

Jadi Messi tetap tak tersenggol oleh lawan-lawannya. Berkat keberhasilan ini Messi secara total telah memenangkan penghargaan Sepatu Emas Eropa sebanyak lima kali (2008/2009, 2011/2012, 2012/2013, 2016/2017, dan 2017/2018).(BM/ist)