Ihsan Maulana Mustofa. (Istimewa)

Ihsan Kalahkan Firman

JAKARTA (IndependensI.com) – Pertandingan babak pertama di nomor tunggal putra Singapore Open 2018, mempertemukan antara Ihsan Maulana Mustofa melawan rekannya Firman Abdul Kholik. Laga ini akhirnya dimenangi oleh Ihsan dalam pertarungan ketat tiga game bertempat di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Rabu (18/07/2018).

Ihsan terlebih dahulu harus meyerah di game pertama dari Firman, 15-21. Bahkan, di game pertama Ihsan sempat tertinggal 5-11. Namun perlahan-lahan Ihsan mampu menyamakan dan merebut game ke dua, 21-15. Merasa diatas angin, Ihsan langsung tancap gas dan menang telak di game penentu, 21-8. “Game pertama belum lepas mainnya, karena takut-takut dan kurang berani serta ragu-ragu. Game dua, di awal masih bingung cari tempo main yang benar. Pas tertinggal poin 5-11, malah Firman mainya ngawur dan berubah. Di game tiga Firman juga main banyak buat salah dia. Intinya main harus berani tadi,” ujar Ihsan seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

Lolos ke babak dua kejuaraan Singapore Open 2018 , Ihsan akan menjamu wakil Malaysia Daren Liew. Ini pertemuan kedua bagi mereka, hanya saja di tahun 2015 lalu. Ihsan takluk dari Daren, 14-21 dan 14-21. “Dengan postur dia yang tinggi, serangannya yang harus lebih di jaga. Intinya lebih berani dari hari ini aja.” ujarnya lagi. Di lapangan lainnya, Sony Dwi Kuncoro dipaksa menyerah dua game langsung atas pemain unggulan teratas dari Taiwan Chou Tien Chen.

Sementara itu pemain tunggal putri Ruselli Hartawan harus angkat koper lebih cepat setelah kalah dari pemain Thailand, Busanan Ongbamrungphan. Ruselli kalah dalam pertarungan dua game langsung. Ada pun di game pertama, Ruselli tidak bisa mengembangkan permainnya dan kalah 11-21. Di game dua, Ruselli mengambil jalannya permain hingga memipin poin. Namun lagi-lagi, faktor terburu-buru membuat Ruselli kembali kalah, 21-16 dalam durasi 35 menit.

Ruselli tidak pernah menang dari pemain Thailand itu. Kekalahan hari ini menjadi kekalahan ketiga kalinya bagi Ruselli. Setelah dipertemuan terakhirnya di kejuaraan Thomas & Uber Cup 2018 lalu, Ruselli kalah juga dua game langsung, 9-21 dan 12-21. “Tidak ada perubahan main dari pertama ketemu kita. Masih sama tipikal mainnya. Busanan itu bola scan dan depannya bagus. Jadi harus lebih siap, karena serangan dia itu bagus,” kata Ruselli. “Padahal dari dua pertemuan pertama, hari ini mainnya bisa keluar semua. Sudah dapat mainnya tapi gampang hilangnya. Dan terkadang lupa untuk jaga bola-bola dia,” ujar Ruselli.

Sementara itu, Lyanny Alessandra Mainaky ditundukan pemain unggulan empat Michelle Li (Kanada) dalam duel rubber game 21-19, 20-22 dan 17-21. Sebelumnya, Yulia Yosephin Susanto lolos ke babak dua setelah ia berhasil menaklukan Jennie Gai (Malaysia) dalam pertarungan drama rubber game, 20-22, 21-15 dan 21-15. Yulia menjadi wakil satu-satunya Indonesia di tunggal putri yang lolos ke babak dua di kejuaraan ini. Ada pun di babak kedua kamis, (19/7) besok. Yulia akan berjumpa Rituparna Das (India) dan menjadi pertemuan kali pertama bagi mereka.