Suasana acara Sepeda Nusantara di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/8/2018). (Istimewa)

Sepeda Nusantara Manado Meriah

MANADO (IndependensI.com) – Kegiatan di kawasan Taman God Bless, Boulevard, di Kota Manado pada Sabtu (11/8/2018), menjadi sangat meriah dengan hadirnya Sepeda Nusantara, di mana ratusan orang mengayuh sepeda bersama, selaras dengan program unggulan Kemenpora di bawah payung “AYO OLAHRAGA”.

Tak hanya ratusan orang mengayuh sepeda dengan nama lain fun bike bertema Bangun Indonesia, namun perhelatan Sepeda Nusantara di Manado ini beda dari lainnya yakni menggelar lomba balap sepeda kategori road race dengan jarak tempuh 46.6 Km sepanjang kota Manado serta lari maraton. Untuk fun bike Sepeda Nusantara, peserta yang datang dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan melewati beberapa area/ikon kota Manado seperti Tugu Sam Ratulangi, Patung Yesus Memberkati, Citraland Ringroad, Tugu Adipura, Jembatan Soekarno serta Tugu Zero Point.

Walikota Manado, Vicky Lumentut hadir langsung dan mengibaskan bendera start untuk para peserta sepeda. Vicky yang didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Laurens Umboh mengaku bangga dengan kehadiran ajang Sepeda Nusantara di kota Manado.

Sementara itu Samsudin selaku Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga yang hadir di lokasi didampingi oleh Arief Nurbani, Kepala Bidang Petualangan Tantangan dan Wisata serta Bambang Pamungkas selaku Kasubid Sanggar Kemenpora, dalam sambutannya mengatakan kalau pihaknya memilih Manado sebagai salah satu tuan rumah Sepeda Nusantara bukanlah tanpa alasan. “Kami harapkan dengan adanya kegiatan Sepeda Nusantara untuk terus menumbuhkembangkan olahraga ditengah masyarakat sekaligus sebagai ajang promosi Asian Games 2018 di kota Manado ini benar-benar sampai pesannya. Antusiasme peserta pun terlihat sangat luar biasa. Infrastruktur di kota Manado pun makin bagus. Ini kemajuan yang luar biasa,” kata Samsudin.

Sementara itu dari Cirebon diberitakan, panpel Sepeda Nusantara 2018 Cirebon berjanji akan menyuguhkan atraksi budaya di awal event yang akan digelar Minggu (12/8/2018). Tari Topeng dan Barongsai cilik akan menyambut para peserta kegiatan andalan Kemenpora tersebut. Menurut Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Kota Cirebon, Drs R Agus Setiadiningrat semua persiapan sudah berjalan sesuai dengan rencana, bahkan beberapa tamu undangan pun dipastikan siap hadir dan ikut bersepeda sejauh 12 Km.

Pejabat Wali Kota Cirebon Dedi Taufik Kurohman rencananya yang akan melepas peserta. Ia akan didampingi Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Keolahragaan Nasional (PPITKON) Edi Nurinda mewakili Menpora Imam Nahrawi. “Kami atas nama panitia ditugasi kepala dinas untuk menyelenggarakan Sepeda Nusantara berbangga hati dipercaya oleh Kemenpora. Ini juga dalam rangka sosiliasasi event Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018,” ucap Dedu melalui rilisnya.
Ia menambahkan kegiatan yang berada di bawah payung “Ayo Olahraga” Kemenpora ini juga bertepatan dengan agenda Kota dan Kabupaten Cirebon untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73. Untuk itu, Agus merasa terhormat mendapatkan amanah untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

Sementara itu dipilihnya tari Topeng dan Barongsai sebagai sajian pembuka, Agus memaparkan jika kedua kesenian ini meski berasal daria dua latar belakang berbeda, namun saat ini sudah menjadi khazanah kesenian nasional. “Ini juga menunjukkan semangat persatuan yang terus didengungkan Presiden RI Joko Widodo,” klaim Agus. Mengenai peserta, Agus menegaskan pihaknya ingin peserta yang hadir realistis. Saat ini 1000 kupon dan jersey telah disebar ke seluruh peserta yang berasal dari beberapa komunitas.