Ilustrasi. (Dok/Ist)

Korsel Memimpin Grup A

JAKARTA (IndependensI.com) – Juara bertahan bola basket putra, Korea Selatan, kian berjaya selepas rangkaian laga penyisihan grup Asian Games 2018 rampung dilangsungkan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). Korsel, meraup kemenangan keduanya, dengan skor cukup telak 108-73 atas Mongolia berkat double-double 19 poin dan 14 rebound pemain naturalisasi Ricardo Ratliffe serta 20 poin yang dicetak Heo Il-young, yang 18 di antaranya dicetak lewat tembakan tiga angka.

Kemenangan itu kian memantapkan posisi Korsel di puncak klasemen Grup A dengan raihan empat poin dan selisih skor surplus 74 poin. Bisa dibilang, Korsel hampir pasti lolos mewakili Grup A dan hanya menentukan posisinya sebagai juara atau runner-up, ketika mereka menghadapi Thailand di laga pamungkas. Sedangkan pada laga penyisihan Grup C yang baru mulai dilangsungkan hari ini memperlihatkan Filipina terlalu perkasa untuk dihadapi Kazakhstan. Meski tanpa kehadiran pemain klub NBA Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, yang baru bergabung dengan rekan-rekannya di bangku cadangan pada pertengahan kuarter ketiga, Filipina berhasil menundukkan Kazakhstan 96-59 dipimpin raihan 18 poin dari Stanley Pringle.

Kemenangan itu jadi modal penting bagi Filipina meladeni tim kuat China, pada Selasa (21/8), di mana Clarkson berpeluang untuk bertemu sesama pemain NBA lainnya, yakni Zhou Qi (Houston Rockets) dan Ding Yanyuhang (Dallas Mavericks). Laga pamungkas fase penyisihan grup basket putra hari kedua, memperlihatkan Jepang berhasil bangkit dari kekalahan mereka di pertandingan pertama dengan menumbangkan Qatar 82-71, demi menjaga asa untuk lolos ke perempat final dari Grup C. Takuya Hashimoto yang tampil optimal di laga itu menyokong kemenangan Jepang dengan raihan 22 poin, demi membuka peluang jika mereka bisa kembali memetik hasil positif di laga pamungkas saat menghadapi Hong Kong pada Rabu (25/8). Di sisi lain, peluang Qatar juga tetap terbuka jika mereka bisa mengalahkan Chinese Taipei tiga hari berselang.