Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, (Istimewa)

Tontowi/Liliyana Melesat ke Semifinal

JAKARTA (IndependensI.com) – Satu medali diamankan tim bulutangkis Indonesia di nomor perorangan Asian Games 2018 dengan lolosnya pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ke babak semifinal. Sebelumnya satu medali sudah dipastikan oleh pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Tontowi /Liliyana yang merupakan unggulan ketiga, hari ini berhasil menghentikan perlawanan Lee Chun hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong), dengan skor 21-15, 17-21, 21-16, Sabtu (25/8/2018).

“Kami mengawali permainan dengan cukup baik, poin mepet bisa kami selesaikan dengan baik. Waktu di 11-10 di game kedua, kami banyak melakukan kesalahan sendiri dan terburu-buru dan langsung jauh tertinggal, mau mengejar agak sulit. Akhirnya kami tetap mencoba tapi tetap sulit, maka kami fokus ke game ketiga,” kata Liliyana seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI. “Di game ketiga, kami fokus poin demi poin, selain itu motivasi kami lebih tinggi. Kami agak kurang puas dengan permainan kami, harusnya bola mati malah tidak bisa. Mudah-mudahan saya dan cik Butet bisa bermain lebih baik dari hari ini,” tambah Tontowi.

Di babak semifinal, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan unggulan pertama yang juga juara dunia 2018, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dari Tiongkok. Pada pertemuan terakhir di Badminton Asia Championships 2018, Tontowi/Liliyana menang dengan skor 21-11, 21-13. “Kami tahu, mereka pasangan yang tangguh. Mereka rangking satu dunia, mereka lebih percaya diri karena baru menjadi juara dunia. Di pertemuan terakhir kami menang, mudah-mudahan besok kami bisa menerapkan pola yang sama dan dukungan supporter yang luar biasa. Saya ingat waktu di Indonesia Open, Zheng berpasangan dengan Chen (Qingchen). Katanya, lapangannya bergetar, mudah-mudahan besok lebih bergetar lagi, supaya dia juga bergetar,” ujar Liliyana.