Dari kiri ke kanan. Febrina Chyntia Sihombing, Shinta Devi Netania Butar-butar, Roito Elpiana Simbolon, Ramianna Simanjuntak dan Rista Pintaria Sinaga.

Siswi Kristen Wajib Pakai Jilbab di Riau

PEKANBARU (IndependensI.com) –  Wajib menggunakan jilbab bagi setiap siswi meski beragama lain di Provinsi Riau kembali lagi diberlakukan. Tepatnya di SMA Negeri 2 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu – Riau. Pihak sekolah ini mewajibkan Siswi beragama Kristen memakai pakaian seragam jilbab.
Seorang siswi  yang bernama Febrina Chyntia Sihombing yang duduk dibangku kelas 2 SMA Negeri 2 Rambah Hilir tidak terima kalau siswi beragama Kristen wajib pakai jilbab di sekolah.  “Saya tidak terima kalau siswi beragama Kristen wajib pakai jilbab. Saya memohon supaya kami tidak lagi pakai jilbab, karena kami bukan beragama Islam,” ujar siswi yang pada semester pertama meraih peringkat 1 dan semester kedua akhirnya hanya dapat juara 3 ini, kepada IndependensI.com,  Sabtu (25/8/2018).
Orangtua Febrina, Bapak Hendron Sihombing memohon supaya putrinya tidak diwajibkan seragam jilbab disekolah, pasalnya putrinya adalah beragama Kristen.
“Saya meminta putri saya ataupun siswi beragama Kristen jangan lagi wajib pakai jilbab” ujarnya
Sementara itu, Norman SPd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Rambah Hilir, mengakui bahwa Siswi beragama Kristen diwajibkan memakai jilbab di SMA Negeri 2 Rambah Hilir.
“Benar bahwa siswi beragama Kristen  pakai jilbab di SMA Negeri 2 Rambah. Peraturan itu sudah lama. Sebelum saya menjabat Kepala Sekolah di sini semua siswi Kristen sudah pakai seragam jilbab,”kata Norman.
Norman mengakui bahwa dirinya baru pertama ini ada wartawan yang meminta konfirmasi terkait masalah kewajiban menggunakan jilbab bagi siswa yang bukan beragama Islam. “Saya baru kali ini ada wartawan menkonfirmasi terkait jilbab. Untuk itu, akan saya ajak komite sekolah untuk membahas permasalahan kasus jilbab ini” ujarnya, Sabtu (25/8/218).  (Mangasa Situmorang)

55 comments

  1. Tolong pemerintah pusat memperhatikan,peraturan sekolah yg memaksa siswi Kristen menggunakan jilbab di setiap sekolah di daerah Riau, berikan kami kebebasan utk menunjukkan agama kami berbeda dg yg lainnya.Saya jg tinggal di daerah Riau, anak saya jg mengeluh dg peraturan memakai jilbab semasa SD-SMA, untungnya anak saya sekarang uda pada mahasiswa.

  2. Janganlah saling menyalahkan wahay manusia sebaikannya sesama manusia harusnya saling mengingatkan bukannya menghujat sekolah yang bersangkutan,sebelum membeikan komentar, baiknya mencari tahu dulu kebenarannya,menurut saya sekolah yg bersangkutan tidak pernah mewajibkan siswanya untuk memakai jilbab tetapi siswa itu tetap memakainya bahkan setelah di beritahu oleh pihak sekolah bahkan yang bersangkutan tetap memakai jilbab kesekolah dan tidak membukak jilbabnya jadi jelaas dong bahwasanya bukan salah sekolah karna sekolah tidak pernah memberikan peraturan tersebut dan sudah di instruksikan bagi yang non muslim boleh tidak berjilbab tetapi mereka tetap memakainya.

  3. Pengkondisian seperti ini ilegal..
    Harus ditindak!
    Mayor maupun minor adl bgn dari NKRI. Mari saling menghormati dibawa naungan Pancasila.
    Saya perhatikan Riau ini sangat fanatisme.. Perlu ekstra perhatian pemerintah. Ketahuilah bw agama itu ada pd imanmu yg bertakwa kpd Sang Pencipta, tdk utk bernegara dan berbangsa. Perbedaan didunia ini adl bgn dari manajemen Tuhan. Bila Dia mau, cukup satu agama saja di dunia ini, tentu dgn mudahnya dilakukanNya

  4. Baiknya ga perlu kasi komentar yg pada akhirnya membuat jurang kebencian antara muslim dan non muslim. Saya yakin di hati setiap orang yg membaca berita ini punya pengetahuan dan akal sehat utk menilai benar atau salah. Ga perlu menghujat atau defensive mati2an.
    Kalo kita cinta Pancasila dan UUD 45 berarti kita cinta seluruh warga negara Indonesia, muslim dan non muslim. Kalo ada warga/pejabat yg kita pikir salah, berikan kitik dan saran yg membangun , laporkan kepada pihak yg berwenang atau diam dan doakan. Ada lembaga negara yg berwenang. Bersabarlah. Jangan kasi celah utk provokator. Kalo ada provokator, mari kita sepakat utk tidak terpancing dgn membalas karna mereka ingin memecah belah musiim dan non muslim. Salam damai utk NKRI.

  5. Ini kepseknya salah kaprah , katena dengan demikian sama saja anda telah merendahkan makna jilbab itu sendiri…tidak bermakna sama sekali,…remaja remaja putri skrg juga banyak yg berbuat asusila dengan memakai jilbab. Itu artinya jilbab kehilangan makna….hanya sebatas aksesori semata. Laen hal seperti org dulu dulu memakai jilbab karena kesadaran akan akidah.

  6. klo kita mau berpikir terbalik, ini sama sj dgn meremehkan diri sendiri. Jilbab khan menunjukkan jati diri seseorg, masa bisa digunakan oleh org yg berbeda agama?

      1. Saling menghargai satu sama lain
        Kristen tidak harus pakai jilbab bukan berarti tidak menghargai agama islam , sebaliknya yg ber agama muslim juga juga menghargai agama yg lain wajar2 saja , jgn di buat perpecahan agama apapun adalah hubungan pribadi sama TUHAN, salam damai

  7. Sangat mencederai tatanan UUD 1945, sekolah negeri ko jd sekolah berbau sara,apakah negara atau bangsa ini udh gk sanggup lg mempertahankan bhinneka tunggal Ika..??
    Apakah negara ini udh siap pecah dan peperangan di mana” spt negara timur tengah..??
    Apakah hal ini strategi mayoritas utk menghalau perhatian pemahaman agama mereka utk generasi Kristen..?
    Tolong dan hargailah suku dan agama org lain, jgn buat diskriminasi atau memaksakan hak anda ke org lain,rawatlah kebhinekaan ini, anda Indonesia kami jg Indonesia.

  8. bro klo kamu org kristen nga perlu buat komen seperti itu krn ajaran kristen itu kasih,bukan hujatan tp klo kamu propokator km itu nga mampu mengadu domba org kristen dgn org yg beragama apa pun krn org kristen dr bayi sudah diajarkan kasih dan pemaaf.GBU

  9. saya mohon ke pemda riau dan kepsek sma 2 riau tersebut diatas, supaya tdk memaksakan keyakinannya kepada orang yg tidak seiman, saya kira dari fakta hidup di negara merdeka Indonesia perlakuan seperti itu tidak dibenarkan. mohon perhatianya dan rubah itu peraturan sepihak itu. ini neg kesatuan RI kita semua harus merdeka….!!!

  10. Damailah Negeriku, manusia2 sumbuh pendek ini hrs dilenyapkan dr muka NKRI cari Negara lain lah….

  11. Klo hal2 sep ini oemerintah khususx mentri pendidikan (pemerintah) turun tngn. Hal tdk bisa dibiarkan. Ingat neg kita bukan neg islam. Sy muslim tp sy jg tdk suka klo anak sy dipaksa pakai jilbab(khususx).
    Letak keislaman ssorg tdk pd jilbabx. Jika ini dibenarkan sekolah2lain akan mengikuti krn jd pembenaran.
    Jgn beri ruang gerak & waktu buat khilafah. Tinggl tgu bom meledak ! ! !

  12. Kalo memang sekolah islam silakan, tapi kalo sekolah negeri, pemerintah harusnya sadar dong… Mikir… Pake otak… Kamu orang berpendidikan atau tidak? Sama samalah… Mengerti hak asasi manusia yg lainnya jgn hak kamu sendiri… Dan memaksakan kehendak diri sendiri, klo memang ada aturan yg gak bener masakan sbg kepala sekolah tdk bisa ambil kebijaksanaan yg bisa diacungi jempol dunia… Notabene yg benar tdk sepihak.

    1. Bung….. pakai jilbab itu budaya Jahudi zaman itu… Jadi tdk ada hub dng iman mereka. Sekarang wanita Jahudipun mayoritas tdk pakai jilbab, walaupun agamanya tetap sama, demikian juga dng Kristen. Org Kristen di Timur Tengah juga banyak pakai jilbab sejak dulu sd sekarang….. searching aja…. Masalahnya adalah di sekolah di Riau tsb.pemakaian jilbab tsb DIPAKSAKAN.. itu yg tdk betul….ok?

      1. Eh maaf bos …
        Saya pribadi alumni SMA itu …
        Sebelum masuk ke SMA itu awal nya sudah mereka beritahukan dan semenjak berdirinya SMA tersebut sudah ada peraturan nya …
        Jadi kalau siswa dan siswi mau masuk sekolah SMA di situ mereka di berikan kertas perjanjian untuk mentaati dan mengikuti peraturan SMA tersebut …
        Jadi kalau dari calon siswi tidak menyetujui nya kenapa kok mau masuk ke SMA itu …
        Aneh …
        Seperti ada udang di balik bakwan. …
        Sudah lebih 15 tahun SMA negeri 2 Rambah Hilir ini berdiri belum pernah ada yang mempermasalah kan nya …
        Sekarang baru berkoar-koar …
        Saya atas nama alumni SMA negeri 2 Rambah Hilir merasa kurang senang atas berita ini .
        Sekian and terimakasih…

    2. ibu Yesus menggunakan mitznefet (seperti jilbab) karena hukum Yahudi mewajibkan wanita Yahudi setelah menikah untuk menggunakan mitznefet, gadis Yahudi yg belum menikah tidak menggunakan mitznefet, setelah Kristen keluar dari agama Yahudi maka aturan menggunakan mitznefet menjadi relatif sesuai denominasi masing2

  13. Yang bijaklah. Sama² menghargai keyakinan biar tidak ada perpecahan.
    Hal ini tidak perlu persetujuan dalam rapat lagi. Aturan lama yg keliru kenapa mesti dilanjutkan. Kan lucu namanya.
    Aturan dicabut saja oleh kepala sekolah. Ini sekolah negeri bukan swasta

  14. kalau kewajiban ini kemudian dituduh sebagai upaya Islamisasi terhadap non muslim di sekolah negeri…boleh dong.. ?

  15. Ini kan sekolah negeri bukan sekolah Islam ? Kepala daerah dan kadin nya perlu ditindak, aturan ngawur intoleran begini kok diberlakukan ?

  16. Seharusnya jangan sampai ada berita seperti ini. Bukannya dulu calon siswi si SMA ini sudah mengetahui peraturannya? Lalu kenapa masih memilih untuk tetap bersekolah disini? Sudah bertahun tahun sekolah ini berdiri dan tidak ada yang pernah mengeluhkan hal ini. Kenapa sekarang baru dipermasalahkan? Jangan menyalahkan kepseknya seperti itu. Jangan mencari sensasi.

    1. Tidak ada aturan yg demikian. Sekolah negeri Jangan membuat peraturan tersendiri. Kenapa harus sekarang dipermasalahkan karena baru sekarang ada orang yang merasa haknya dirampas dan dipaksa mengikut kebiasaan ajarannya. Saudara coba berpikir ulang ya, negara kita bukan negara Islam sekalipun mayoritas memeluk agama muslim,hargailah perbedaan yg ada sesuai dgn undang2

    2. Dulu mungkin orang masih takut untuk berbicara. Sekarang orang sudah mulai berpikir kritis, berani menyuarakan kebenaran & menuntut haknya. Itu sekolah Negri bukan sekolah Islam. Mereka mau sekolah disitu karena biayanya murah, karena disokong pemerintah dari hasil pajak seluruh warga negara yang beraneka ragam agama. Sekarang Muslim disuruh pake atribut Natal juga tidak mau kan? Padahal dulu biasa aja. Kenapa baru sekarang dipermasalahkan? Apa hanya cari sensasi?
      Bukan cari sensasi. Tapi karena kita punya hak yang sama sebagai manusia untuk menolak paksaan selama itu tidak melanggar hukum.
      Agamamu agamamu, agamaku agamaku

  17. Perlu diselidiki latar belakang kepala sekolahnya. Jangan2 anggota Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, atau kelompok subversif sejenis yang merongrong di tengah demokrasi dan peradaban maju Indonesia. Antek2 asing ini menyusup kemana2, termasuk di dunia pendidikan.

  18. Sekolah negeri kok jadi sekolah kegamaan…? Hrsnya negeri itu nasional bkn agamis, terkecuali sekolah keagamaan mgkn aja wajar, tapi ini sekolah negeri…..

  19. Inilah contoh sekolah pengkhianat Pancasila sejati. PKI nya Indonesia.

    1. Tahun lalu di cerenti, kalo sekarsng di daerah rambah hilir. Saya bkn orang riau, tp mungkin kejadiannya beda daerah.

    2. Beda sekolah itu, baca lah yang teliti…
      Memang kasus begini banyak di daerah sana, termasuk Padang juga sama aja..

      c

  20. Bagaimana jika
    kami lakukan sebaliknya di daerah kami yg 95% Kristen? Mohon tanggapan dr pihak yg berkompetensi dl hal ini..

  21. Ini sih Ketuhanan yang Maha ORMAS, bukan Maha Esa.
    Ketuhanan yang Maha ORMAS berarti kayak gini nih, org agama lain dipaksa jilbaban… Itu kan gak hormat sama agama lain kan??? Hapus peraturan gila kayak itu.

  22. Kalau sekolah Madrasah memang hukumnya wajib, tapi kalau sekolah Negri hukumnya sunnah. Maksudnya tidak pakai jilbab tdk apa2.
    Kalau sekolah Negri diharuskan pakai jilbab, maksud dan tujuannya apa. ?
    Apa tujuannya pakai jilbab supaya tidak kepanasan/terhindar debu atau lainnya…….wkwkwkwkwkkkk
    Spt negara Arab pakai jilbab memang spy terhindar.panas DLL.

  23. Ini udah merusak Citra Riau tentang Dunia Pendidikan Skrg ini,sesegera Mungkin di tindak Kadis nya,atau yg membuat Aturan Itu,ini udah Meronrong UUD 45,Dan MeMaksakan Kehendak,ini Udah PENISTAAN AGAMA,SECEPAT NYA KADIS NYA DIPENJARAKAN,ATAU KEPSEK YG MEMBUAT ATURAN NYA SENDIRI,KALAU TDK DI TOBA PUN HARUS KITA USULKAN DILARANG PAKE HIJAB DISEKOLAH,

      1. Tolong baca boyy, link yang kau kasi itu sekolah (SMP) beda kasus sama di sekolah yang di atas wkwkwk

    1. sdr, kita sbg org kristen, tak perlulah kita saling membalas… doakan sja smg mereka mnyadari klo aturan yg mereka buat itu tdk sesusi dgn PANCASILA dan UUD 45… klo qta sling mbalas akan byk ruginya. salam damai✌

  24. Lapoor ke ombudsman setempat dan bilamana tdk ada perubahan sebaiknya tinggalkan sekolah tersebut . Jangan paksakan anak di sekolah yang mengganggu imannya.

  25. Pihak sekolah SMA Negeri 2 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu – Riau. Pihak sekolah mewajibkan Siswi-siswi beragama Kristen memakai pakaian seragam jilbab. Kami mohon kepada bapak Menteri pendidikan mengambil tindakan pada kepala sekolah SMA Negeri 2 Rambah Hilir Riau. Ini sama dengan pemaksaan keyakinan yang bukan agamanya siswi2 tsb. Indonesia adalah negara Panca Sila dan dijamin UUD-45. Indonesia bukan negara agama dan setaiap warga negara berhak menajalankan agama dan keyakinan masing2. Mohon perhatian bpk Menteri pendidikan dan bpk Presiden.

  26. Peraturan apa lagi ini. sekolah negri mewajibkan siswi non muslim harus pakai jilbab.????? 😢 Ini bukan negara muslim. Pemerintah pusat harus bertindak.

  27. gak ada otak mu kepala sekolah anjing
    pancasila kau injak2..
    tuntut kepala sekolahnya
    binatang..
    aparat pemerintah nya juga kok diam aja
    jgn mau lah jadi binatang juga

    1. Ini sy yakin akun bodong untuk provokasi..krn penggunaan kata kasar dan nama akun menggunakan nama agama.

      1. mana yg lebih jahat…namanya akun tersebut atau kebijkan sekolah yg melegalkan segala sesuatu tersebut? Belajar fokus pd masalah biar cerdas dikit…

    2. bro klo kamu org kristen nga perlu buat komen seperti itu krn ajaran kristen itu kasih,bukan hujatan tp klo kamu propokator km itu nga mampu mengadu domba org kristen dgn org yg beragama apa pun krn org kristen dr bayi sudah diajarkan kasih dan pemaaf.GBU

Comments are closed.