Ilustrasi. (Dok/Ist)

Kevin/Marcus Dapat Lawan Ketat

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akhirnya menutup pertandingan dengan Jelle Maas/Robin Tabeling dengan kemenangan tiga game, 21-10, 17-21, 21-14 di ajang Japan Open 2018, Jumat (14/9/2018). Ini merupakan pertemuan pertama Kevin/Marcus dengan wakil Belanda tersebut dan sempat memberikan perlawanan ketat.

Pertarungan kedua pasangan berlangsung begitu sengit, terutama di game kedua dan ketiga. Pada game pertama, Kevin/Marcus masih belum menemukan hambatan berarti dan bahkan unggul jauh 11-2 di game pertama. Namun di game kedua, Kevin/Marcus terbawa tempo permainan lawan. “Lawan bermain lepas, pertahanan mereka bagus dan mereka lebih banyak variasi di servis,” kata Marcus seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

“Kami sebetulnya sudah bermain cukup baik di game pertama, namun di game kedua kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Ini membuat lawan bisa mengembangkan permainan dan main lebih baik lagi,” jelas Kevin. “Di game ketiga, kami mencoba bermain lebh fokus dan tidak mau lagi terbawa irama permainan lawan yang pelan. Kami berusaha mempercepat tempo permainan dan kembali ke pola permainan kami,” tambah Marcus.

Sementara itu, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil melaju ke babak semifinal menundukkan duet bersaudara asal Bulgaria, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva. Pertandingan berdurasi sepanjang 97 menit ini berakhir dengan skor 19-21, 21-17, 21-12. Sebelumnya di All England 2018, Greysia/Apriyani dikalahkan Duo Stoeva dengan skor 11-21, 19-21.

“Waktu di All England kami kalah dengan kondisi shuttlecock nya sama seperti di sini, agak berat. Jadi ya kami tahan saja, kami ladeni, mau bagaimana lagi, serangan juga sulit menembus mereka, tidak ada pilihan,” ujar Greysia. “Kami tidak mau mengulangi kesalahan di All England. Hari ini kami bermain lama, kami capek, mereka juga capek. Jadi adu kuat saja, begitu ada kesempatan, kami teruskan. Pokoknya asal jangan mudah menyerah dan mau capek saja,” tambahnya.

Greysia/Apriyani kini punya PR mengembalikan stamina mereka untuk partai semifinal yang tak akan mudah melawan unggulan pertama asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. “Kami akan coba recovery dulu dengan berendam air es, pijat, terapi dan tidur yang cukup. Makanannya juga dijaga, walaupun tidak enak, tapi harus dipaksa demi badan. Tidak ada pilihan lagi, supaya besok bisa fight,” ungkap Greysia.

Dengan demikian, Indonesia mengirim dua wakil ke semifinal Japan Open 2018. Sebelumnya, pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah lebih dulu melaju. Tiga wakil terhenti di babak perempat final, mereka adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Anthony Sinisuka Ginting dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.