Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mengisi 'Kultum' usai melaksanakan Subuh berjamaah di Masjid Besar Nurul Huda Jalan Cagak Kabupaten Subang, Minggu (30/9/18)

Subuh Berjamaah, Emil Ingin Pemuda Jabar Kokoh Lahir Batin

Loading

SUBANG (IndependensI.com) — Dalam rangka mewujudkan Jawa Barat yang “Juara Lahir Batin,” Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menggalakkan program Shalat Subuh berjamaah.

“Subuh, momen kebangkitan umat, artinya yang dibangun di Jawa Barat tidak hanya administratif, infrastruktur saja, tapi juga mentalitas spiritualitasnya,” kata Emil, sapaan akrabnya, usai melaksanakan Subuh berjamaah di Masjid Besar Nurul Huda Jalan Cagak Kabupaten Subang, Minggu (30/9/18).

Emil berharap, gerakan yang dicanangkannya sebisa mungkin dapat mengakar hingga ke tingkat kecamatan, kelurahan, atau sampai ke tingkat desa dan digiatkan oleh para pemuda.

“Subuh berjamaah harus jadi kebangkitan baru. Jangan hanya mengejar dunianya saja, tapi akhiratnya tidak dapat. Kalau kita ngejar akhirat dunia pasti ikut,” terangnya.

Selain itu, Emil menekankan bahwa sebagai pemimpin, juga menjadi tugasnya memfasilitasi masyarakat dalam pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT. Maka, berbagai program berbasis keumatan pun telah dirancang Emil.

Maka kegiatan Shalat Subuh berjamaah menjadi salah satu program spiritual Emil – Uu Ruzhanul Ulum, selain ada program seperti Maghrib Mengaji dan Zakat Online.

Pun kini telah disiapkan program bayar zakat via online atau via HP. Juga ada dakwah digital, menyiapkan pelatihan Bahasa Inggris buat para ulama, serta mengupayakan Jawa Barat menjadi “Provinsi Halal”.

“Kekuasaan bisa meluaskan ibadah seseorang, karena dengan kekuasan kita bisa mengimbau dan menggerakkan umat atau masyarakat untuk beribadah,” katanya.

“Kita ingin Pemuda Jawa Barat yang kompetitif, dan kokoh Imannya,” harap Emil.