Peta Pengalihan Lalu Lintas. (Istimewa)

Lalu Lintas Sekitar GBK Direkayasa

JAKARTA (IndependensI.com) – Polda Metro Jaya menyiapkan tujuh titik pengalihan arus lalu lintas di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) selama upacara pembukaan Asian Para Games 2018, Sabtu (6/10/2018). “Ada tujuh titik yang akan ada pengalihan arus di sekitar Gelora Bung Karno dalam acara Opening Ceremony Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober dan diberlakukan mulai pukul 09.00 WIB,” ujar Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto seperti dikutip dari Antara, Jumat (5/10/2018).

Budiyanto menegaskan, selama pengalihan arus lalu lintas pada acara pembukaan Asian Para Games berlangsung, aturan ganjil genap pun masih berlaku. Tujuh titik pengalihan arus lalu lintas selama pembukaan Asian para games, seperti yang dipaparkan oleh Budiyanto adalah sebagai berikut. Pertama pada flyover Senayan dan Ladogi. Kendaraan dari arah Semanggi diteruskan ke arah Slipi. Sementara, kendaraan dari Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, dan tidak ada arah yang menuju Jalan gerbang Pemuda.

Kedua, Jalan FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan. Akan dilakukan tutup pintu FX Senayan atau Jalan Pintu I Senayan. Kemudian, kendaraan dari arah Bundaran Senayan diteruskan lurus ke arah Semanggi. Sementara, pintu masuk FX Sudirman melalui Jalan Jendral Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan, dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu I Senayan ditutup.

Ketiga pada Jalan Hang Lekir, arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju Jalan Asia Afrika akan dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya. Keempat, arus lalu lintas pada perempatan Patal Senayan, dari arah Patal Senayan 1 menuju Jalan Asia Afrika diarahkan putar balik atau dibelokkan ke kiri arah Jalan Senayan 2/ Permata Hijau.

Kelima pada titik lampu merah Palmerah, kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diarahkan lurus ke lampu merah Palmerah menuju ke arah Jalan Tentara Pelajar atau Permata Hijau. Keenam yakni pada pertigaan Jalan Tentara Pelajar. Kendaraan dari arah lampu merah Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar. Terakhir pada pertigaan Jalan Hang Lekir, kendaraan dari Jalan Pakubuwono diluruskan ke lampu merah Pakubuwono atau arah sebaliknya. Rekayasan lalu lintas ini akan diberlakukan Sabtu (6/10/2018) pukul 14.00 – 21.00 WIB