Camat Kuta Buluh 4 Bulan Tidak Ngantor, BKD Karo Tanggapi Keluhan Warga

KARO (IndependensI.com) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan mengatakan pihaknya akan mencarikan solusi tentang adanya pimpinan di kecamatan di Kabupaten Karo yang tidak bisa menjalankan tugas dalam jangka waktu lama. Pernyataan itu disampaikan menanggapi  pemberitaan keluhan warga bahwa  Camat Kecematan Kuta Buluh, Rosanna br Sembiring SH yang tidak bisa menjalankan tugas selama empat bulan terakhir karena mengalami sakit.

Roda pemerintahan di kecamatan harus tetap berjalan normal, sehingga pelayanan publik bisa tetap lancar. “Seharusnya yang bersangkutan juga mengirimkan surat keterangan sakit dan tidak bisa menjalankan tugas, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan karena adanya pimpinan daerah tidak bisa menjalankan tugas,”  kata Kepala BKD Kabupaten Karo Mulianta Tarigan S.Sos  saat dikonfirmasi Independensi.com lewat telpon seluler pada hari Kamis (18/10/2017).

Mulianta mengatakan pihaknya sangat menyayangkan lambannya laporan terkait absennya camat yang sudah sekitar 4 bulan tidak masuk kantor. Untuk hal ini, kami sudah berkoordinasi langsung dengan Sekretaris Camat Kuta Buluh dan memerintahkan kepada Sekcam agar sesegera mungkin membuat surat pernyataan bahwa memang benar kondisi Camat Rosana Br Sembiring.

Sejauh ini, kata Mulianta, pihaknya belum mendapat surat keterangan yang menyatakan Ibu Rosanna br Sembiring sedang sakit dari pihak rumah sakit atau pun dokter yang menangani.

Mulianta juga menjelaskan hal tersebut jelas berdampak terhadap kurang efisiennya pelayanan pemerintahan di wilayah Kecamatan Kuta Buluh. Oleh karena itu, setelah mendapat informasi ini, pihaknya berjanji segera membuat keputusan bersama Sekda dan Bupati Karo untuk  mengangkat dan menentukan Plt (Pelaksana tugas) Camat Kuta Buluh.

“Hal itu sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku, paling lama seminggu ini sudah kami tetapkan “kata Mulianta.

Di bagian lain, Anggota DPRD Karo asal dapil Kecamatan Kutabuluh, Payung, Tiganderket, Munte dari Fraksi PKPI, Onasis Sitepu ketika dimintai tanggapan mengatakan sangat prihatin terhadap penyakit yang sedang di derita Ibu Camat Kuta Bukuh, Rosanna Beru Sembiring. “Semoga Ibu Camat segera sembuh. Saya berharap agar beliau fokus dulu dalam menjalani pemulihan kesehatannya karena kesehatan tentunya lebih penting dari Jabatan “,” kata Onasis.

Onasis mengakui, apabila posisi tugas serta fungsi seorang camat tidak berjalan dengan efektif dapat mengakibatkan keadaan sistem pemerintahan kurang baik dan berdampak kepada sistem pelayanan publik. Pelayanan  kepada masyarakat sekitar pastinya terganggu.

Setiap urusan yang memerlukan tanda tangan camat, begitu juga terhadap proses administrasi khususnya dalam urusan Pemerintahan Desa dalam laporan dan penggunaan Dana Desa pada 16 desa yang ada di sekecamatan Kuta Buluh bisa bisa terhambat. “Untuk itu saya akan membahas hal ini kepada Pihak exsecutive agar segera di tetapkan Pelaksaan tugas sesuai ketentuan yang berlaku,”kata Onasis. (Daris Kaban)

One comment

  1. Sebaiknya..ganti sj ..krn klo tidak..menjadi bumerang buat kemajuan kec.kutabuluh.
    IKASSI NUSANARA (Ikatan Alumni SMPN Kutabuluh se Nusantara…juga menyampaikan hal serupa.
    Bahwa kegiatan Pemerintahan..memang sudah lama tersendat2.

Comments are closed.