Wayne Rooney
 Wayne Rooney. (foto istimewa)

Southgate Janji Berikan Penghormatan pada Rooney

JAKARTA (IndependensI.com) – Wayne Rooney berjanji akan menikmati laga perpisahan bersama Tim Inggris.

Ia mengesampingkan pernyataanya yang sempat dilontarkan bahwa tidak pernah nyaman tampil membela negara. Pelatih Gareth Southgate akan memberikan penghormatan pada Rooney untuk ambil bagian dalam laga persahabatan melawan Amerika Serikat di Wembley pada Jumat (16/11/2018) dinihari mendatang.

Mantan kapten Manchester United itu dikabarkan tidak akan dimainkan sebagai starter melainkan akan tampil sebagai pemain cadangan.

Sepanjang kariernya bersama Tim Tiga Singa, Rooney telah mencetak 53 gol dari 119 penampilan internasional. Ia termasuk juga dalam Generasi Emas seperti Frank Lampard, Steven Gerrard dan David Beckham. Sayangnya selama membela Inggris, Rooney belum sekalipun memberikan gelar Piala Dunia maupun Piala Eropa.

Pemain berusia 33 tahun itu mengungkapkan tekanan menjadi pemain nasional itu tidak selalu menyenangkan. Dan, hal tersebut akan kembali dirasakan meski hanya dalam pertandingan persahabatan.

“Mungkin ada saat-saat ketika saya tidak menikmatinya. Itu karena tekanan yang ada pada diri saya. Jelas ketika Anda dalam kondisi seperti itu, Anda pasti tak ingin ada di sana,” ungkapnya seperti dikutip SkySports, Rabu (14/11/2018).

“Saya sudah melangkah mundur sekarang dan dapat menganalisanya. Itu membuat Anda berusaha keras, gelisah, sehingga Anda tak menikmatinya,” sambung Rooney yang kini merumput di DC United.

Dengan kondisi tertekan ini akan mempengaruhi kinerja. “Anda akan memainkan sepak bola terbaik dan melakukan penampilan terbaik saat Anda menikmati permainan. Dan saya akan menikmatinya sebentar lagi.”(budi/ist)