Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (foto istimewa)

Alokasi Anggaran yang Dikeluarkan Pemerintah Disebut Belum Optimal

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pada Rabu (14/11/2018) memberi kuliah kepada mahasiswa jurusan ekonomi di Universitas Indonesia, Depok.

Dalam kuliahnya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bercerita tentang alokasi anggaran yang belum optimal.

Sri Mulyani mengatakan alokasi anggaran yang dikeluarkan pemerintah belum optimal dalam menudukung pembangunan ekonomi Indonesia. Sebab alokasi anggaran menjadi satu-satunya cara untuk menciptakan Indonesia yang semakin maju dan berdaya saing.

“Alokasi pengeluaran pemerintah belum optimal untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Kita perlu investasi dibidang sumber daya manusia, kita perlu bicara berapa jumlah yang dibelanjakan, infrastruktur dan memperbaiki institusi,” ujar Sri Mulyani di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Rabu (14/11/2018).

Menurut dia, alokasi anggaran ini untuk bisa meningkatkan pendidikan di Indonesia. Salah satunya meningkatkan kualitas pengajar Indonesia dengan mutu pendidikan yang terbaik.

“Upaya bicara pendidikan itu bagaimana kualitas guru, bagaimana dengan manajemen dan mengelola sekolah. Bagaimana membuat kuliah lebih banyak di Indonesia. Jadi kita bicara institusi, kita perlu memperkuat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Untuk itu, Sri Mulyani siap mengatur alokasi APBN untuk meningkatkan infrastruktur dan pendidikan. Dengan meningkatkan dan mengoptimalkan anggaran pendidikan diyakini bisa memajukan perekonomian Indonesia.

“Jadi alokasi ini kita anggarkan dan juga kita optimalkan, dimana ada yang diprioritaskan untuk memajukan ekonomi Indonesia,” katanya.(budi/ist)