Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto istimewa)

Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Maritim

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan kerja sama maritim bagi negara-negara di kawasan.

Kerja sama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan sehingga dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, perdamaian dan stabilitas.

Hal itu seperti disampaikan Presiden Jokowi dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis (15/11/2018).

“Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim,” ujar Jokowi.

Jokowi meyakini bahwa semua upaya tersebut bisa dicapai bila semua pihak terkait memperkuat kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerja sama maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan. Bukan mengedepankan persaingan.

“Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita,” kata Jokowi.

Melalui kerja sama Indo-Pasifik, lanjut Jokowi, kemitraan ASEAN-India akan semakin erat. ASEAN-India juga diyakini akan terus tumbuh lebih sejahtera dan dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan.(budi/ist)