Ilustrasi. (Dok/Ist)

Stapac Jakarta Kalahkan Bogor Siliwangi

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim basket Stapac Jakarta nyaris menemui kekalahan sebelum akhirnya menang tipis atas Bogor Siliwangi 67-65 pada laga Seri II IBL Pertamax 2018-2019 di Britama Arena, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Seperti dikutip dari Antara, pebasket Kaleb Ramot Gemilang yang baru kembali bergabung setelah membela tim nasional Indonesia, menjadi pencetak angkat terbanyak untuk Stapac dengan membukukan 21 poin lewat tingkat akurasi tembakan 75 persen. Sedangkan pemain asing, Savon Rafriyq Goodman, memimpin dengan catatan double-double 17 poin dan 14 rebound, diikuti Teja Widyantaputra yang menyumbangkan 11 poin.

Sebaliknya bagi kubu Siliwangi, Daniel Wenas mengemas 15 poin, yang di antaranya dicetak lewat empat tembakan tiga angka. Pebasket asing, Michael Vigilance Jr. membukukan 15 poin dan 15 rebound serta Martavious Irving yang mencetak 18 poin.

Hasil ini sekaligus menjadi ajang pembalasan atas kekalahan yang diderita Stapac saat pertemuan  di Seri I Semarang pekan lalu. Stapac kini telah mengoleksi dua kemenangan dan satu kali kalah (2-1), sebaliknya Siliwangi (1-3) menelan kekalahan ketiga mereka.

Tampil dengan kehadiran kekuatan cukup penuh, Stapac menguasai jalannya pertandingan hingga mereka memegang keunggulan 35-24 di pengujung paruh pertama pertandingan.

Sayangnya, kondisi itu dibayangi ancaman karena Vincent Rivaldi Kosasih harus meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera engkel. Siliwangi mulai panas di kuarter ketiga dan perlahan mengejar hingga berbalik memiliki keunggulan 45-44 atas Stapac saat periode tersebut berakhir.

Saling kejar dan bergantian unggul menjadi lakon utama kuarter pamungkas, sampai akhirnya sebuah layup dari Kaleb membawa Stapac unggul 63-60 di sisa waktu 1 menit 45 detik. Kendati demikian Siliwangi sebetulnya memiliki momentum untuk mengejar dan menyamakan kedudukan, ketika jump shot Wenas melesak ke dalam keranjang dan memangkas jarak menjadi 62-63.

Akan tetapi, pelatih Ali Budimansyah melakukan keputusan aneh dengan menarik Kelly Purwanto keluar dari lapangan di sisa waktu 53 detik, yang hanya berlangsung sekira beberapa saat sebelum kemudian ia menyadari keputusan keliru tersebut dan segera menurunkan kembali sang point guard.

Namun keputusan itu cukup terlambat dan Stapac kembali menjauh saat pemain debutan, Agassi Yeshe Goantara, melesakkan tembakan tripoin dan mengubah skor menjadi 66-63.

Wenas kembali memberikan harapan bagi Siliwangi untuk mengejar saat melesakkan layup di sisa waktu 17 detik dan mengubah skor 65-66, namun Stapac dengan cerdik mulai mencari foul demi memperoleh kemenangan 67-65 lewat tembakan bebas Mei Joni.

Di pertandingan lain yang berlangsung lebih awal NSH Jakarta meraih kemenangan 67-54 atas Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja.