Doa bersama dilakukan oleh nahkoda, crew dan penumpang Pelni pada acara pergantian tahun baru

Kecerian dan Doa Bersama Diatas Kapal Pelni Pada Pergantian Tahun

JAKARTA (Independensi.com) – Dua kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yaitu KM. Kelud yang melayani pelayaran Batam-Jakarta dan KM. Gunung Dempo yang melayani pelayaran Makasar-Ambon merayakan pergantian tahun baru 2019 dengan melakukan doa dan keceriaan bersama.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Ridwan Mandaliko Selasa (1/1) mengatakan perayaan tahun baru di kapal ini sebagai bentuk apresiasi dan simpati perusahaan kepada pelanggan PELNI yang meskipun malam pergantian tahun tetap menggunakan kapal untuk bepergian.

“Layanan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Nakhoda, ABK, dan para penumpang yang setia menggunakan kapal. PELNI berbagi kebahagiaan dan keceriaan saat mereka jauh dari keluarga,” terang Ridwan.

Pada malam pergantian dari tahun 2018 ke tahun 2019, lanjut Ridwan, ada sekitar 9.101 pelanggan berada di atas kapal. Mereka sedang berlayar menuju ke berbagai kota untuk keperluan keluarga, bisnis, dan berbagai kepentingan lainnya.

Perayaan ini sekaligus ucapan syukur penyertaan satu tahun yang sudah terlewati dan menjadi doa untuk tahun-tahun yang akan datang. Bentuk perayaan ini berupa tumpengan tahun baru, pagelaran musik, lawak, game, kelompok dan penampilan individu.

Perayaan tahun baru di kapal PELNI ini dipimpin perwira kapal. Nakhoda membuka memberikan sambutan dan para Jenang memimpin acara potong tumpeng, meniup terompet, hingga game menyenangkan bagi para pelanggan PELNI.

“Kapalnya kami hias dengan aneka dekorasi nuansa pergantian tahun. Nakhoda, para ABK, dan penumpang bergembira bersama merayakan pergantian tahun baru di atas kapal, di atas lautan,” terang Ridwan Mandaliko.

Pada Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) PELNI mengoperasikan 26 armada trayek Nusantara dan 52 unit kapal perintis. Perayaan pergantian tahun dilaksanakan di semua kapal, terutama kapal yang sedang berlayar di tengah lautan.

Untuk kapal sandar para penumpang bisa merayakan di darat. ”Seluruh kapal yang sedang berlayar merayakan pergantian tahun, tahun baru 2019. Ada yang sederhana namun dua kapal kami siapkan layanan hiburan tambahan. Mengundang penyanyi dan memberikan game serta doorprice,” kata Ridwan.

Untuk menjamin keamanan di atas kapal, di terminal serta dermaga saat embakasi-debarkasi, PELNI menambah 105 personil TNI AL di atas kapal, 289 personil TNI AL dari Marinir di pelabuhan dan 205 tenaga pengaman reguler di 13 kapal.