Sempat Retak, Fly Over Cengkareng Beroperasi Pekan Ini

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelaksana tugas (Plt) Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Leo Amstrong mengatakan, pekan ini jalan layang atau fly over Cengkareng, menuju arah Bandara Soekarno Hatta dan Kapuk Kamal, bisa dilalui kendaraan.

“Kami berharap sudah bisa dipergunakan secepatnya. Mudah-mudahan pekan ini rampung,” kata dia saat dihubungi, Senin (7/1/2019).

Sebelumnya, Flyover ini ditutup sejak Rabu malam, (27/12/2018) lantaran mengalami keretakan. Saat ini, proses perbaikan masih dilakukan oleh petugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga.

Perbaikan antara lain penggantian perletakan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar.

“Berdasarkan update dari Kementerian-PU yang menangani perbaikan flyover tersebut, mereka akan melaksanakan pengujian dynamic loading test untuk verifikasi terhadap penyelesaian pekerjaan perbaikan flyover tersebut. Setelah test tersebut, baru akan dilakukan pembukaan flyover dimaksud dengan melihat hasil test yang dilakukan,” ucap dia.

Leo berharap jalan layang ini dapat segera difungsikan kembali untuk membantu mengurai kepadatan volume lalu lintas yang dari arah kembangan ataupun exit tol Rawa Buaya, yangau menuju Kalideres, Kamal maupun Grogol.

“Kita tetap komunikasi untuk update dari proses mereka, agar secepatnya dapat dipergunakan kembali,” katanya.