Kapal KPLP KNP 343 bantu pulangkan anak-anak sekolah kembali ke Sangihe

UPP Tahuna Bantu Pulangkan Pelajar Usai Liburan Nataru

Loading

TAHUNA (Independensi.com) – Kapal Perintis antar Pulau di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang biasanya mengangkut penumpang dari dan ke wilayah Tahuna harus melakukan docking rutin.

Padahal liburan Natal dan Tahun Baru 2019 telah usai. Anak-anak harus kembali untuk bersekolah dan orang-orang tua harus kembali bekerja.

Sebelumnya, terdapat empat armada Kapal Perintis yang beroperasi di wilayah kepulauan, namun tiga kapal sedang docking sehingga hanya satu kapal yang beroperasi yang menyebabkan jadwal pelayaran kapal perintis antar pulau mengalami perubahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas II Tahuna mengerahkan kapal patroli KPLP KNP. 343 dari pangkalan Pelabuhan Tahuna untuk mengangkut ratusan pelajar kembali ke Tahuna usai liburan Natal dan Tahun Baru 2019 di berbagai wilayah Sangihe Kamis (10/1).

“Hal ini tentunya berimbas kepada pelayanan masyarakat yang menggunakan kapal perintis. Tak terkecuali para pelajar yang melaksanakan liburan Natal dan Tahun baru di kampung halaman mereka hingga saat ini belum bisa kembali bersekolah karena tidak ada angkutan kapal Perintis,” ujar Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling.

Melihat hal tersebut, Mocodompis langsung megerahkan Kapal Patroli KPLP KNP. 343 untuk mengangkut para pelajar dari berbagai wilayah kepulauan ke Tahuna.

“Saya instruksikan jajaran petugas UPP Kelas II Tahuna untuk menggerakan kapal patroli KPLP KNP 343 untuk ambil bagian mengangkut anak-anak sekolah yang tadinya belum bisa kembali ke Tahuna,” ujar Mocodompis.

“Ini merupakan inisiatif kami untuk membantu kelancaran transportasi laut di wilayah Tahuna Sangihe, sehingga para pelajar yang akan memasuki masa sekolah dapat kembali ke wilayahnya untuk persiapan kembali ke sekolah,” tutup Mocodompis.