Jokowi : Selamat Tahun Baru Imlek, Semoga Persaudaraan Lebih Erat

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2570 melalui akun Instagram resminya. Kepala negara berharap di tahun baru Imlek ini persaudaraan antarmasyarakat lebih erat terjalin.

“Semoga di Tahun Baru ini, persaudaraan kita menjadi lebih erat, penuh sukacita, berlimpah cinta dan kedamaian,” tulis Presiden di akun instagram yang diunggah, Selasa (5/2/2019).

Dikutip dari laman setkab, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2000, yang ditandatangani Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, penyelenggaraan kegiatan keagamaan, kepercayaan, dan adat istiadat Cina, dilaksanakan tanpa memerlukan izin khusus sebagaimana berlangsung selama ini.

“Penyelenggaraan kegiatan agama, kepercayaan, dan adat istiadat, pada hakikatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari hak asasi manusia,” demikian bunyi klausul dalam Keppres tersebut.

Peringatan Imlek atau Tahun Baru Cina kemudian ditetapkan Presiden Abdurrahman Wahid sebagai hari libur melalui Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2001, tanggal 9 April 2001. Kemudian, di era Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, Imlek ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional tahun 2002, dan berlaku mulai tahun 2003 sampai sekarang.