Mall Pelayanan Publik Kota Bekasi di Plasa Pondokgede. (ist)

Awal Maret 2018, MPP Plasa Cibubur  Kota Bekasi Dibuka

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Guna mendekatkan pelayana terhadap masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan menambah  Mall Pelayanan Publik (MPP). Awal Maret 2019, MPP ketiga akan dibuka
di Plasa Cibubur Kota Bekasi.

Sebelumnya,  Pemkot Bekasi telah membuka dua MPP di Mall Bekasi Junction Bekasi Timur, dan di MPP Atrium Pondok Gede. Bahkan, ditargetkan setiap kecamatan, MPP akan dibuka, sehingga segala bentuk pelayanan dan perizinan tertentu, dapat dilayani di MPP tanpan harus ke kantor Wali Kota Bekasi.

Terkait pembukaan MPP ketiga di Plasa Cibubur, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi, Lintong Dianto Putra mengatakan keberadaan MPP memberikan alternatif lokasi pelayanan warga.

“Ya, MPP ketiga akan dibangun di Plasa Cibubur. Proses persiapan sudah  dilakukan  November 2018. Sekarang dari tata letak gerai pelayanan hingga sarana penunjang, sudah disiapkan. Awal Maret nanti kita buka,” ujarnya, Rabu (26/2/2019).

Disebutkan, berbagai gerai pelayanan yang nanti berada di MPP Plasa Cibubur diantaranya pelayanan catatan kependudukan, perizinan, pajak daerah, pembayaran tagihan PDAM, pembuatan kartu pencari kerja/kartu kuning, bahkan  pendaftaran Haji.

Selain itu pelayanan dilakukan pihak Kepolisian  Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga permohonan pembuatan paspor, serta pelayanan menyangkut administrasi kependudukan seperti pelayanan KTP, kartu keluarga.

Lintong menyebutkan proses pembangunan MPP Plasa Cibubur kerjasama pihak pengelola dan pihak perusahaan dalam bentuk CSR dan bukan dari dana APBD Kota Bekasi.

Pembangunan gerai MPP yang sudah dilakukan di Kota Bekasi  merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) serta Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 46 Tahun 2018 tentang MPP.

“Maksud dan tujuan MPP dan GPP ini sesuai dengan visi misi Pemkot Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan serta masuk dalam prioritas program 100 hari kerja Walikota dan Wakil Walikota Bekasi,” katanya.

Dengan keberadaan MPP selama ini di Kota Bekasi, dapat dirasakan masyarakat dan mempermudah pengurusan berbagai perizinan dan administrasi kependudukan. (jonder sihotang)