Ilustrasi. (Dok/Ist)

Indonesia Dikalahkan Thailand

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim nasional U-23 Indonesia menelan kekalahan telak 0-4 dari Thailand dalam laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019). Keempat gol Thailand dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Shinnaphat Leeaoh (21′), Supachai Chaided (penalti 51′, 71′) dan Suapachok Sarachat (75′).

Seperti dikutip dari Antara, Indonesia yang bertanding dengan seragam merah sejatinya berhasil mengimbangi permainan Thailand sejak menit awal. Mengandalkan Egy Maulana Vikri sebagai gelandang serang, Saddil Ramdani di sayap dan Marinus Wanewar sebagai penyerang tunggal, Indonesia beberapa kali merepotkan pertahanan tim dari Negeri Gajah Putih.

Namun, rapatnya posisi bek-bek Thailand membuat Indonesia hampir tidak memiliki peluang berbahaya. Thailand sebenarnya sama dengan Indonesia, jarang mempunyai peluang bersih mencetak gol. Akan tetapi skuat asuhan Alexandre da Gama bermain lebih efektif.

Memanfaatkan umpan melalui sepakan bebas dari Sakunchai Saengthopho dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Thailand menciptakan gol dari sundulan Shinnaphat Leeaoh di menit ke-21. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Thailand unggul cepat melalui sepakan penalti Supachai Chaided di menit ke-51. Penalti diberikan setelah wasit Kasimov Seherzod menilai terjadi pelanggaran di kotak penalti Indonesia. Tertinggal 2-0, Indonesia tampak semakin sulit menembus pertahanan Thailand yang disiplin.

Skuat berjuluk Garuda Muda pun semakin tertinggal usai Supachai Chaided menorehkan gol keduanya dalam laga itu di menit ke-71. Tak sampai lima menit setelahnya, tepatnya di menit ke-75, Indonesia kembali kebobolan, kali ini berkat gol Supachok Sarachat. Tak ada gol lain tercipta. Skor tetap 4-0 untuk kemenangan Thailand.

Setelah laga ini, Indonesia akan menghadapi tuan rumah kualifikasi Vietnam pada Minggu (24/3), mulai pukul 20.00 WIB. Di laga terakhir, Garuda Muda melawan Brunei Darussalam pada Selasa (26/3).

Berikut susunan pemain kedua tim:

Timnas U-23 Thailand: Nont Muangngam-pg, Sakuchai Saengthopho (63′, Kittipong Sansanit), Shinnaphat Leeaoh (kapten), Worachit Kanitsrimbumphen (70′, Anon Amornlertsak), Supachai Chaided, Supachok Sarachat, Wisarut Imura, Kannarin Thawornsak, Saringkan Promsupa, Jakkit Wachiprom, Kritsada Kaman (76′, Patcharapol Intanee).

Timnas U-23 Indonesia: Awan Setho Raharjo-pg, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Andy Setyo (kapten), Firza Andika, Muhammad Luthfi, Gian Zola (75′, Dimas Drajad), Osvaldo Haay (62′, Witan Sulaeman), Saddil Ramdani (51′, Sani Rizki), Egy Maulana Vikri, Marinus Wanewar.