PDI Perjuangan sekaligus Jurkamnas Jokowi, Djarot Saiful Hidayat
Djarot Saiful Hidayat bersama para peserta. (foto Budi/Independensi.com)

Energy 01 Tularkan Etos Kerja Jokowi Lewat Lomba Mancing

Jakarta (Independensi.com)- Lebih dari 5000 orang mengikuti lomba mancing yang digelar relawan pendukung pasangan Calon Presiden dengan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, yakni Energy 01 di Danau Sunter, Jakarta Utara, Minggu (31/3/2019) pagi.

Kesempatan tersebut diikuti Ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus Jurkamnas Jokowi, Djarot Saiful Hidayat, beserta keluarga. Djarot menyampaikan, jika dirinya memberikan apresiasi tinggi pada relawan Energy lantaran melakukan hal yang positif dan sangat bermanfaat untuk masyakarat.
“Lebih baik mancing seperti ini, memberikan kegembiraan untuk masyarakat, daripada mancing emosi, kerusuhan, ujaran kebencian, saling menyalahkan atau keributan. Saya diundang dan cek langsung ke sini, ada ikannya apa tidak. Ternyata ada ikan Emas, Bawal, Nila dan Lele sebanyak 10 ton,” katanya.
“Kita lihat tadi masyarakat terlihat senang dan gembira. Apa hal positif dari memqncing, yakni melatih kesabaran dan kerja keras. Hal itu yang dimiliki dan bisa kita pelajari dari Pak Jokowi,“ tambah mantan Gubernur DKI Jakarta ke-16 tersebut.
Diceritakan Djarot, dirinya sempat kaget lantaran masyarakat sangat antusias untuk memilih Jokowi yang sudah terbukti kerja nyata. Banyak hal baik dan sederet pembangunnya untuk Jakarta serta Indonesia.
“Tadi saat saya bersalaman dengan para pemancing, justru mereka yang meminta saya pilih Pak Jokowi dan kompak salam jempol. Padahal seharusnya saya yang menyampaikan itu kepada mereka. Tanpa disuruh pun saya akan coblos Pak Jokowi. Tapi ini membuktikan  masyarakat sudah bisa menilai yang mana yang harus dipilih, yang mana terbukti kerja dan nyata dan yang belum terbukti,” tambahnya.
“Sekali lagi, ajang mancing ini bagus, dan yang tidak bagus itu adalah kampanye negatif. Menakut-nakuti orang, pidato pesimis, menjelek-jelekan orang. Kampanye harus yang menggembirakan,” paparnya.
Sementara itu, Soelianto Rusli, Koordinator Energy 01 sekaligus Ketua Panpel Memancing, menambahkan bahwa pelaksanaan pesta demokrasi harus dijalani dengan gembira.
“Saya sepakat dengan yang  disampaikan Pak Djarot bahwa memancing memberikan banyak pelajaran penting. Persis seperti sikap Pak Jokowi, optimis, sabar, kerja keras dan tekun berusaha agar mendapatkan hasil yang dicita-citakan,” tuturnya didampingi Marlin Bato dan Difi Budiono dari Galang Kemajuan Jokowi atau GK Jokowi.
Selain itu, melalui lomba memancing diharapkan kepada masyarakat dapat lebih meningkatkan rasa kecintaannya pada alam. Sehingga kelestariannya dapat tetap terjaga dengan baik serta timbulnya interaksi dan komunikasi yang baik antarmasyarakat guna membangun kebersamaan.
“Perlombaan memancing tidak ada hadiah uang, tapi disiapkan souvenir menarik bagi yang mendapatkan ikan dengan tanda khusus. Sekali lagi, jangan melihat besarnya hadiah, akan tetapi silaturahmi di antara kita itu jauh lebih penting,” tuturnya.
 “Kami selalu berkampanye dengan hal yang positif dan gembira, serta menghindari hoaks dan ujaran kebencian. Ada sosialisasi juga hingga bakti sosial yang sudah kami kerjakan.  Semalam kami juga mengadakan nonton bareng debat Capres di sini dan berjalan aman. Untuk pekan depan ada senam pagi di Jagakarsa, sekaligus menyampaikan cara mencoblos yang benar, tentunya 01,” pungkasnya.(bud)