TNI Jamin Keamanan Pemilu 2019

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjamin keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Oleh sebab itu dirinya meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum 17 April 2019 nanti. Ia menegaskan, situasi di hampir seluruh daerah aman.

“TNI dan Polri menjamin keamanan masyarakat dari rumah sampai tempat pemungutan suara (TPS), hingga kembali ke rumah masing-masing,” ujarnya kepada wartawan usai memimpin upacara pembukaan Latsitardanus Ke-39 di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (14/4/2019).

Ia menyampaikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Indonesia tetap terkendali dan TNI-Polri tak akan tinggal diam untuk melindungi rakyat Indonesia.

Jenderal TNI AU itu berharap pada hari H pelaksanaan Pemilu cuaca sangat mendukung sehingga proses pemungutan suara mulai awal sampai akhir dapat terlaksana dengan baik.

“Semoga cuacanya bagus dan masyarakat berbondong-bondong ke TPS memberikan hak suaranya,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), seperti dikutip Antara.

Hal senada disampaikan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal yang menegaskan bahwa kondisi dan situasi bangsa sangat aman. Ia berharap proses Pemilu berjalan sesuai keinginan banyak pihak.

Polri, kata dia, telah melakukan berbagai persiapan bersama TNI serta seluruh komponen bangsa untuk memberikan jaminan kepada rakyat bahwa Pemilu berlangsung sesuai harapan.

“Prinsipnya, seluruh masyarakat tidak usah khawatir untuk menyalurkan aspirasi. TNI dan Polri menjamin itu semua,” kata mantan Kapolrestabes Surabaya tersebut.

Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.