Di Papua Jokowi Janji Bangun Jalan yang Menyambungkan Fak-Fak – Kaimana

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo berjanji jika dirinya terpilih kembali menjadi presiden akan menyambung jalur darat dari kabupaten Fak Fak ke Kaimana pada tahun 2020. Hal tersebut disampaikan dalam orasi politik di Sorong, Papua Barat, Senin (1/4/2019) malam.

Jokowi mengaku  dirinya senang setiap kali ke Papua Barat. Namun, konektivitas antar wilayah di Papua masih cbelum baik. Saat ini pemerintahannya tengah membangun infrastruktur untuk menyambung jalur darat. “Ada Fak Fak ke Kaimana belum sambung ya pak Bupati. Tapi saya janji 2020 itu sudah sambung,” ujarnya.

Selain jalur darat, Jokowi ingin memastikan ketersambungan terjalin melalui jalur udara maupun laut. Maka itu dia berjanji bakal mengecek kondisi pelabuhan dan bandara udara.

“Ada juga beberapa Airport dan pelabuhan yang tadi pak gubernur bisikan ke saya pak ini perlu diperpanjang runway-nya pak, ini pelabuhan perlu diperbesar nanti saya minta tim cek di lapangan agar secepatnya kita penuhi,” tuturnya.

Sementara, dalam waktu dekat Jokowi berjanji untuk mengaspal jalan antar kota di Papua Barat. Dia ingin tahun ini segera rampung.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, betapa pentingnya infrastruktur di tanah Papua. Kata dia, infrastruktur itu bakal menumbuhkan ekonomi.

“Karena infrastruktur itu baik jalan, airport, pelabuhan itu akan menumbuhkan titik titik pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Jokowi berkata pula bahwa infrastruktur tidak hanya membangun yang besar-besar. Maka itu, dia ingin dana desa harus dilanjutkan untuk membangun infrastruktur skala kecil di desa. Menurutnya, itu demi keadilan untuk semuanya.

“Dana desa itu memang harus dilanjutkan, karena desa kita memerlukan infrastruktur meski jalan kecil jalan ke sawah itu juga diperlukan. Jadi yang kita pikirkan bukan hanya infrastruktur besar tapi yang kecil,” katanya.