Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. (ist)

Ingin Belajar, Pemkot Bengkulu Study Banding ke Bekasi

Loading

BEKASI-  Ingin belajar peran dan fungsi Tim Wali Kota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi, Wakil Wali Kota Bengkulu bersama timnya berkunjung ke Bekasi.

Rombongan diterima Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Rabu (10/4/2019). Kunjungan K
kerja Pemerintah Kota Bengkulu dipimpin oleh Wakil Wali Kota Dedy Wahyudi.

Dedy Wahyudi menjelaskan kedatangan mereka ke Kota Bekasi juga dalam rangka mempelajari Peran dan Fungsi Tim Wali Kota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi.

“Kami juga ingin bertukar pengalaman dan saling bertukar pikiran, ilmu. Dan ada beberapa hal yang ingin kita pelajari dari TWUP4 Kota Bekasi  Jadi kita juga ingin belajar dari Kota Bekasi cara mendapatkan prestasi- prestasi,” katanya.

Tri Adhianto menjelaskan bahwa pada dasarnya Kota Bekasi berbatasan dan dikelilingi langsung Jakarta, Bogor, Depok dan Kabupaten Bekasi. Tentunya dalam menghadapi tantangan Kota-kota Berkembang, dalam hal ini Pemkot Bekasi  juga terus melakukan percepatan pengembangan inovasi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan serta terus fokus melakukan pembangunan fisik berupa insfratruktur, pembangunan non fisik yakni pengembangan sistem dan SDM.

Kota Bekasi juga  terus menggali dan mengamankan sumber potensi pendapatan daerah yang ada dengan membentuk sistem. Kota Bekasi juga konsen terhadap permasalahan lingkungan yang merupakan dampak dari sebuah pembangunan, tambah Tri.

Untuk percepatan terwujudnya visi Kota Bekasi yang Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan,  serta  45 program kerja Wali Kota, Tri menambahkan pihaknya membentuk  Tim Wali Kota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi.

Tim ini bertugas antara lain,  melakukan kajian dan analisa terhadap persoalan dan kendala yang dihadapi dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan prioritas Pemkot Bekasi di bidang masing-masing

Memberikan pertimbangan kepada wali kota dan atau perangkat daerah yang membidangi program dan kegiatan prioritas, sesuai bidang masing-masing.

Menginisiasi dan menyusun terobosan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan prioritas kepada Perangkat Daerah terkait di Pemkot Bekasi atau antar lembaga di bidang masing-masing.

Keempat, memberikan masukan indikator penilaian dan evaluasi kepada Wali Kota terkait laporan kinerja perangkat daerah secara berkala, jelas Tri. (jonder sihotang)