Suasana kegiatan membatik di atas kain sepanjang 200m yang dilakukan siswa binaan YPA-MDR di Pekan Pendidikan Yogya, Yogyakarta, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Siswa Binaan YPA-MDR Meriahkan “Pekan Pendidikan Yogya”

Loading

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Pendidikan Nasional, siswa binaan PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) memeriahkan kegiatan Pekan Pendidikan Jogja di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Rabu (1/5/2019).

Pada acara tersebut ditandai dengan kegiatan membatik pada kain sepanjang 200 m yang melibatkan 11 sekolah binaan YPA-MDR yaitu SDN Candi, SDN Tengklik, SDN Prengguk 1, SDN Prengguk 2, SDN Gupit, SDN Tegalrejo, SMPN 2 Gedangsari, SDN Ciren, SDN Jigudan, SDN Gunturan dan SMPN 4 Pandak. Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Muhajir Effendy, M.A.P.

Seperti dikutip dari rilis YPA-MDR, konsep pembinaan empat pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup merupakan konsep pembinaan yang terintegrasi yang melahirkan siswa-siswi cerdas berkarakter sekaligus memiliki keterampilan sesuai kearifan lokal. Membatik adalah salah satu kecakapan hidup (life skill) untuk sekolah binaan di Gedangsari, Gunungkidul dan Pandak, Bantul. YPA-MDR juga bersinergi dengan para praktisi dan designer sebagai narasumber dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah binaan.

“Sejak 2007, YPA-MDR hadir memberikan bantuan pendidikan dengan konsep sekolah eskalator yaitu pembinaan berjenjang pada SD, SMP dan SMK pada bidang akademik dan non-akademik di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, Yogyakarta. Hingga kurun waktu hampir 12 tahun, sekolah kami telah menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat Provinsi bahkan Nasional.” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo.

Selain itu, YPA-MDR melakukan program Teaching Factory (Tefa) bagi lulusan SMKN 2 Gedangsari menjadi calon-calon Usaha, Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) bidang tata busana berdampak positif pada pemberdayaan masyarakat menuju ekonomi kerakyatan.

Karya-karya batik dan busana para siswa SMKN 2 Gedangsari dengan brand Roges Style dan produk-produk Tefa dengan brand YPA-MDR Collection telah dipromosikan dan dipasarkan di berbagai kegiatan diantaranya Inacraft Fair dan siap berkontribusi di industri mode Indonesia.

YPA-MDR akan terus memberikan pembinaan kepada guru dan siswa seperti pengembangan desain motif dan pewarnaan. Tidak hanya itu, karya siswa akan didesain menjadi busana atau pakaian ready to wear. Hal ini diharapkan dapat tercipa perekonomian kreatif dengan menjadikan Gedangsari sebagai sentra industri batik di Yogyakarta.