Menag : Tak Boleh ada Sweeping Selama Bulan Ramadhan

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan ormas-ormas Islam agar tidak melakukan sweeping apapun selama bulan Ramadhan.

“Semuanya sudah kami komunikasikan, seperti juga imbauan dari MUI bahwa setiap kita mari dijaga kesucian bulan Ramadan ini, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kegaduhan atau kerawanan sosial secara umum,” katanya di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).

Kata Lukman, lebih baik sesama umat muslim saling menjaga ibadah dengan penuh ridho Allah SWT. Sehingga, hal-hal yang yang menimbulkan kerawanan dapat dihindari.

“Bulan Ramadan adalah bulan di mana setiap kita diberikan kesempatan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu kita masing-masing. Oleh karenanya, saya berharap sebagaimana yang saya sampaikan tadi sebuah himbauan mari setiap kita saling menghormati. Sehingga tidak melakukan hal-hal yang bisa berpotensi menimbulkan kerawanan sosial,” bebernya.

Namun, lanjutnya, apabila hal tersebut terjadi maka pihaknya menyerahkan hal tersebut ke aparat penegak hukum. “Jadi kalau ada hal-hal yang dinilai tidak pada tempatnya, saya berharap mohon setiap kita tidak mengambil tindakan sendiri, atau main hakim sendiri,” imbuhnya.